Tak Melulu karena Sistem Kelistrikan, 4 Hal Ini Juga Bisa Picu Kebakaran Mobil

Aci
Senin 20 Maret 2023, 15:03 WIB
Ilustrasi: mobil kebakaran (Sumber : Instagram.com/@h3performance)

Ilustrasi: mobil kebakaran (Sumber : Instagram.com/@h3performance)

LABVIRA.COM - Kebakaran mobil sering terjadi karena hubungan arus pendek listrik alias korsleting, dimana percikan api menyentuh permukaan yang mudah terbakar. Percikan api juga bisa timbul karena ada bahan bakar yang bocor dan menetes pada sumber panas, seperti pipa knalpot.

Sebenarnya, kebakaran pada mobil tak hanya timbul karena permasalahan di atas, tetapi beberapa faktor lain juga dapat menjadi penyebabnya.

Berikut Labviral.com jelaskan penyebab kebakaran pada mobil, disimak, ya!

Kerusakan radiator

Kerusakan radiator dan katup mesin menjadi pemicu mesin cepat panas. Mesin yang terus memanas tentu saja sangat berbahaya. Jika kondisi tersebut terjadi secara berkesinambungan, maka tak menutup kemungkinan berpotensi menyebabkan kebakaran mobil.

Baca Juga: Warga ini Kaget Rumahnya Masih Berdiri Tegak, Meski Dekat dengan Sumber Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Mesin yang bekerja terlalu keras kemudian memanas dapat meningkatkan suhu pada oli, yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan ialah dengan cara selalu memeriksa bagian dashboard mobil. Jika dashboard memanas, maka segeralah matikan mobil.

Oli atau bahan bakar bocor

Oli adalah salah satu bahan bakar yang memiliki resiko kebocoran. Untuk itu, penting sekali memastikan bahwa oli tidak bocor. Karena jika oli bocor bertemu dengan mesin yang panas, maka hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran pada mobil.

Selain oli yang harus dipastikan agar tidak bocor, cairan seperti solar, cairan pendingin mobil, power steering, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil.

Baca Juga: 10 Tips Hindari Kebakaran Mobil, Hati-Hati Terhadap Aksesoris Kelistrikan!

Kerusakan aliran listrik

Kelistrikan memang seringkali menjadi penyebab utama kebakaran mobil, karena sistem kelistrikan mobil tersebar pada seluruh bagian mobil. Selain itu, salah satu hal yang menjadi penyebab rusaknya sistem kelistrikan adalah kondisi oli mobil yang bermasalah.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan timbunan pada gas hidrogen yang terdapat pada bagian mesin mobil terdalam. Gas inilah yang dapat memicu mobil terbakar.

Baca Juga: Bukan Hanya Kerusakan Sistem Kelistrikan, 4 Faktor Ini Juga Bisa Picu Kebakaran Mobil

Kurang perawatan

Mobil yang digunakan secara terus menerus tanpa dilakukan perawatan yang maksimal dapat memunculkan resiko kebakaran mesin.

Perawatan pada kendaraan memang sangat penting dilakukan, agar kondisi kendaraan selalu prima. Kondisi kendaraan yang prima akan jauh lebih aman untuk digunakan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini