Pengemudi Mobil Harus Tahu 4 Faktor Penyebab Hilang Fokus, Salah Satunya Terlalu Banyak Ngomong

Aci
Senin 20 Maret 2023, 14:59 WIB
Ilustrasi belajar menyetir mobil (Sumber : Instagram/mobilmatic)

Ilustrasi belajar menyetir mobil (Sumber : Instagram/mobilmatic)

LABVIRAL.COM - Mengemudikan mobil dibutuhkan keterampilan juga pelatihan yang benar-benar matang. Pemahaman akan keselamatan saat mengendarai kendaraan roda empat tersebut sangat diperlukan.

Pengemudi mobil memiliki tanggung jawab yang besar, sebab jika seorang pengemudi mobil melakukan kesalahan dan berakibat fatal, bahayanya bukan untuk diri sendiri saja, tapi berdampak pada siapa saja yang ada di sekitarnya.

Fokus dan konsentrasi menjadi hal utama yang harus dijaga saat berkendara, terutama saat berada  di jalan raya. Karena jika kehilangan fokus dan konsentrasi, nyawa yang menjadi taruhannya.

Baca Juga: Ban Pecah Saat Melaju, Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Agar Terhindar dari Kecelakaan

Tahukah kamu?

Ada beberapa faktor yang sering kali membuat pengemudi kendaraan roda empat kehilangan fokus.

Berikut Labviral.com, berikan faktor-faktor penyebab seseorang kehilangan konsentrasi saat mengemudi. Yuk disimak penjelasan berikut!

Stres perjalanan

Mengemudi dengan waktu yang cukup lama sangat berpotensi menimbulkan stres perjalanan. Saat seorang pengemudi mengalami stres perjalanan, ia akan mudah emosi. Jika stres dalam perjalanan dibiarkan, tentu saja hal ini sangat berbahaya, karena emosi akan membuat pengemudi hilang konsentrasi sehingga laju kendaran tak teratur.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Klaim Asuransi Agar Tidak Ditolak Ketika Mobil Rusak Karena Kecelakaan

Terlalu fokus dengan petunjuk arah

Tentu saja, berkendara dengan menggunakan petunjuk arah atau google maps bukan hal yang baru. Selain sebagai petunjuk arah, terkadang pengemudi menggunakan google maps atau petunjuk arah lainnya sebagai petunjuk jalan mana yang harus dihindari agar tidak terjebak kemacetan. Tapi tanpa sadar, sering kali pengemudi terlalu fokus dengan petunjuk arah sehingga memecah konsentrasinya dalam mengemudi kendaraannya.

Terlalu asik mengobrol & banyak bicara

Saat mengemudi, seseorang sebaiknya tidak terlalu banyak bicara atau membahas hal-hal yang membuat si pengemudi harus berfikir lebih. Jika pengemudi terlalu banyak bicara, ditambah berfikir, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat konsentrasinya dalam berkendara pecah dan kehilangan fokus.

Baca Juga: Penyebab Pasti Pertigaan Jalan Rawan Kecelakaan

Kena sindrom highway hypnosis

Sindrom highway hypnosis sering kali menyerang pengemudi yang kelelahan karena jauhnya jarak mengemudi. Untuk seorang pengemudi mobil, sindrom highway hypnosis sering terjadi di jalan tol.

Jalan tol yang lurus ditambah lancer akan membuat pengemudi mudah terserang sindrom highways hypnosis, dimana kondisi pengemudi yang seolah hilang kesadaran namun tetap dalam keadaan mengemudi. Pengemudi yang kelelahan diambang kantuk namun tetap tersadar dan tetap mengemudi seperti terhipnotis oleh jalan lurus.

Itu adalah empat faktor penyebab pengemudi kehilangan fokus saat mengemudi di jalan raya. Untuk itu, hindari ke 4 faktor tersebut, demi keselamatan kamu. Semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini