Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW

Aci
Selasa 21 Maret 2023, 18:45 WIB
Ilustrasi velg mobil (Sumber : Instagram.com/fikirims)

Ilustrasi velg mobil (Sumber : Instagram.com/fikirims)

LABVIRAL.COM - Velg menjadi salah satu penopang tampilan sebuah kendaraan, baik motor maupun mobil. Maka tak jarang, banyak penggiat modifikasi melakukan renovasi velg kendaraannya.

Untuk sebuah mobil, velg menjadi salah satu standar ukur kegagahan mobil itu. Maka banyak orang yang rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk memodifikasi velg, agar mobilnya nampak gagah.

Selain itu, velg mobil merupakan salah satu komponen penting bagi keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Velg yang berfungsi sebagai kaki-kaki yang menjadi dudukan ban sehingga dapat menjadi penopang beban kendaraan.

Harga velg mobil memang cukup fantastic, tidaklah murah. Mengingat harganya yang mahal itulah, saat ini banyak velg replika yang dipasarkan untuk siapa saja yang ingin memodifikasi mobilnya, dengan harga yang lebih terjangkau.

Tapi, bagaimana dengan kamu yang ingin membeli velg asli?

Tenang, kali ini Labviral.com, punya tips membedakan velg replika dengan velg asli atau ori. Yuk simak ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Velg Racing Aftermarket untuk Motor Matic

Terkadang velg replika memang dibuat begitu miripnya dengan velg ori, mulai dari model, logo, bahkan sampai dengan nama produk itu sendiri. Tapi meski demikian, keduanya tentu saja berbeda.

Nama lain dari velg replika ialah pelek TW, yang artinya velg yang diduplikasi. Kata TW sendiri merupakan singkatan dari Taiwan, di mana negara tersebut memang dikenal sebagai negara pembuat velg replika.

Cara bedakan velg replika dan velg ori!

Harga velg

Hal pertama yang pantas kamu curigai ketika ingin membedakan velg replika dengan velg ori ialah harganya. Sudah pasti, velg replika harganya akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan velg asli.

Contoh, pada umumnya harga velg ring 17 ori dibandrol dengan harga kisaran Rp20 juta-Rp25 juta. Sedangkan replika biasanya dibandrol dengan hargaRp5 jutaan saja. Tentunya, keduanya berbeda jauh, bukan.

Untuk kamu yang mencari velg ori, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, karena ada kualitas ada harga, bro! Tapi tak jarang, ada saja penjual usil yang menjual velg replika dengan harga tinggi dan mengaku velgnya adalah velg ori. Maka, kamu harus lebih teliti lagi.

Baca Juga: Ternyata, Mengubah Warna Velg Motor Itu Diperbolehkan Loh!

Bobot velg

Untuk menghindari contoh pedagang nakal seperti di atas, kamu dapat memperhatikan berat atau bobot velg tersebut. Biasanya, velg asli akan jauh lebih ringan jika dibandingkan velg replika.

Pada umumnya, berat velg ring 17 ori kurang lebih 6 kg. Sedangkan velg ring 17 replika bisa mencapai 10-11 kg.

Tapi sama dengan harga, bobot velg belum bisa jadi patokan pasti, karena tidak semua velg asli itu ringan. Seperti contoh, velg asli ring 20 beratnya sama dengan yang replika.

Kualitas pembuatan velg

Untuk membedakan antara velg ori dan replika, kamu juga dapat membedakannya dengan memperhatikan keseluruhan velg mobil tersebut. Jika kamu teliti, kamu dapat melihat replika melalui proses pengecoran. Sementara yang asli melalui proses ditempa. Nah, yang paling bisa membedakan dari dua proses pembuatan velg itu adalah saat finishing-nya.

Velg asli menjalani proses finishing yang rapi dimana produsen akan memberi stiker mereka. Sementara velg replika akan tampak berantakan, seperti ada yang bolong di permukaan dalam velg. Catnya pun tampak tidak sama.

Tak mudah memang membedakan velg asli dan palsu. Tapi kunci yang paling penting adalah jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan jangan terburu-buru ketika membeli velg. Jangan malas mencari informasi tentang velg yang ingin dibeli, dan cek semua bagian pelek dengan detail sebelum akhirnya kamu memutuskan membelinya. Okey?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini