Tips Irit BBM untuk Kamu yang Nanti Mudik dengan Mobil

Aci
Rabu 22 Maret 2023, 11:34 WIB
Ilustrasi menyetir untuk perjalananan jauh (Sumber : INSTAGRAM/tangandisetir)

Ilustrasi menyetir untuk perjalananan jauh (Sumber : INSTAGRAM/tangandisetir)

LABVIRAL.COM - Membaiknya kasus Covid19 membuat pemerintah kini telah menginzinkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022. Mudik memang seolah menjadi tradisi yang kental dengan hari raya. Banyak cara dilakukan untuk dapat berjumpa sanak saudara di kampung halaman.

Ada yang mudik dengan angkutan umum, ada juga yang mudik dengan kendaraan pribadi.

Nah, untuk kamu yang mau mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil, berikut ini Labviral.com, mau kasih tips mengirit BBM agar perjalanan mudik kamu tidak menguras kantong hanya untuk membeli bahan bakar. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Kursus Mengemudi Mobil Terpercaya Daerah Pamulang Tangerang Selatan, Dijamin Lancar

Maksimalkan penggunaan AC

Penggunaan AC berpengaruh pada bahan bakar mobil. Untuk itu, saat kamu mudik, maksimalkan penggunaan AC. Contohnya kamu bisa menggunakan AC saat berada di jalanan yang macet atau padat merayap, sementara saat berada di jalanan yang lancar, dan saat berada di jalan yang masuk wilayah perkampungan, AC bisa dimatikan dan memilih untuk membuka jendela.

Baca Juga: Tips Menyalip yang Tepat dan Aman untuk Truk

Jangan kebut-kebutan

Saat ingin mudik ke kampung halaman, hati memang terasa membara karena ingin cepat-cepat sampai. Tapi, kamu gak usah kebut-kebutan. Kebut-kebutan bisa bikin bahan bakar cepat habis. Selain itu, kebut-kebutan juga berbahaya untuk keselamatan, bukannya sampai di kampung halaman, bisa-bisa kamu sampai ke yang maha kuasa.

Untuk mengirit bahan bakar, usahakan kecepatan mobil tidak lebih dari 80 kpj (berkisar antara 40-80 kpj). Pasalnya, semakin cepat putaran mesin, semakin banyak juga bahan bakar yang terbuang hingga akhirnya mobil pun akan boros bensin.

Baca Juga: Bersihkan Ruang Bakar Mobil Pakai Karbon Cleaner, Aman Gak Sih?

Bawa barang seperlunya

Barang yang banyak akan memberikan beban pada mobil itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya bawa barang seperlunya saja. Semakin besar beban mobil, bisa membuat bensin lebih boros. Membawa beban berlebih dalam mobil pun bisa berbahaya bagi keselamatan.

Jangan berhenti melulu

Demi kebaikan kamu, kamu disarankan untuk berhenti atau istirahat 2 jam sekali untuk perenggangan otot dan mata kamu. Lebih dari itu, sebaiknya kamu jangan sering-sering berhenti. Pasalnya, terlalu sering menghidupkan dan mematikan mobil bisa membuat bensin lebih cepat habis. Hal ini berlaku saat kamu berkendara di jalanan yang macet. Makanya, pastikan kamu menguasai rute alternatif dan berhentilah saat dibutuhkan (2 jam sekali).

Nah, itu dia tips menghemat bahan bakar mobil untuk kamu yang sebentar lagi mau mudik. Semoga bermanfaat, ya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini