Pertolongan Pertama Saat Mobil Overheat, Segeralah!

Aci
Rabu 22 Maret 2023, 12:02 WIB
Ilustrasi mobil overheat (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi mobil overheat (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM, Mesin mobil yang terlalu panas tentu saja sangat berbahaya, dan bisa menyebabkan mobil overheat. Overheat merupakan sebutan dimana kondisi mesin berada dalam temperatur tinggi atau panas berlebih. Kondisi ini tentu saja berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan sampai dengan mobil terbakar.

Biasanya, overheat terjadi karena berkendara terlalu lama, tanpa berhenti, radiator yang rusak dan sistem pendingin yang tidak berfungsi dengan baik.

Overheat bisa terjadi tanpa diduga, terlebih jika kamu kurang memperhatikan komponen-komponen yang berhubungan dengan pengaturan temperatur suhu mobil.

Baca Juga: Cara Atasi Mobil Overheating, Jangan Panik!

Lalu bagaimana jika mobil terlanjur overheat?

Berikut Labviral.com, punya tips pertolongan pertama saat mobil overheat. Yuk, disimak!

Menepi dan berhenti

Saat kamu sadar mobilmu mengalami overheat, jangan panik. Segeralah menepi dan matikan mesin mobil.

Buka kap mobil

Setelah kamu menepi, segera buka kap mobil dan biarkan angin atau udara masuk ke mesin, untuk menetralkan udara panas yang ada di mesin mobil.

Buka uap radiator

Ingat ya, jika kamu ingin membuka uap radiator, pastikan kondisi mesin sudah dingin. Sebab jika masih dalam keadaaan panas, maka akan membahayakan kamu.

Periksa tabung radiator

Pada umumnya, setiap mobil memiliki cadangan tabung radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Dari tabung tersebut, kamu dapat mengetahui bagaimana kondisi air radiator, apakah ada atau sudah mengering. Jika sudah mengering, kamu dapat mengisi air radiator di tabung, meskipun mesin panas. Atau, bisa juga menunggu kondisi mesin sampai dingin.

Jika mobil kamu hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, kamu harus menunggunya hingga dingin sebelum membukanya.

Baca Juga: Simak Baik-baik, Ini Waktu yang Tepat untuk Servis CVT Motor Matic

Cek sistem pendingin

Kamu juga bisa mengecek sistem pendingin yang terdiri dari radiator atau kepala silinder; periksa bagian tersebut apakah terdapat kebocoran. Jika terdapat kebocoran, kamu dapat meminta bantuan kepada bengkel terdekat untuk mengatasi kebocoran itu.

Nah, itu dia langkah-langkah pertama yang harus kamu lakukan jika mobil kamu mengalami overheat di jalan secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW

Selasa 21 Maret 2023, 18:45 WIB
Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW
Berita Terkini