Cara Hindari Kecurangan Pengisian BBM, Awas Kena Tipu Oknum SPBU

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 22 Maret 2023, 23:54 WIB
Untuk menghindari kecurangan pengisian bahan bakar di SPBU, yuk simak tips selengkapnya dibawah ini

Untuk menghindari kecurangan pengisian bahan bakar di SPBU, yuk simak tips selengkapnya dibawah ini

LABVIRAL.COM, Kejadian penipuan oknum di SPBU sudah marak terjadi. Bahkan beberapa yang sampai viral di media sosial. Meski perangkat kerjany didesain sudah sangat  meminimalkan tindakan merugikan itu, namun bisa saja diakali dengan banyak cara. Maka, kamu juga bisa mengawasi oknum SPBU nakal ini.

Untuk menghindari kecurangan pengisian bahan bakar di SPBU, yuk simak tips selengkapnya dibawah ini:

1. Ketahui kapasitas tangki kendaraan

Pasti masih banyak dari pengguna kendaraan yang tidak tahu pasti berapa sih kapasitas tangki BBM nya. Untuk menghindari praktek kecurangan pada saat pengisian bahan bakar kendaraan, alangkah lebih baiknya kita sebagai pengendara mengetahui berapa sih kapasitas tangki motor yang kita gunakan. Sehingga, jika terjadi kejanggalan kita bisa langsung mengadu kepada suplayer bahan bakar.

Baca Juga: Dapat Mencampur Bahan Bakar Lebih Baik, Yuk Ketahui Fungsi ECU pada Mobilmu

2. Minta meteran mulai dari nol

Ketika mengisi bahan bakar di SPBU, pengendara wajib meminta petugas SPBU untuk memulai nya dari angka nol. Hal ini merupakan salah satu prosedur utama yang telah diwajibkan oleh beberapa SPBU. Jadi jika tidak dimulai dari angka nol, tidak ada salahnya jika pembeli mengingatkan petugas SPBU agar terhindar dari kecurangan.

3. Awasi laju meteran

Jika sudah memulai meteran dari angka nol, tidak ada salahnya kita sebagai pembeli BBM untuk mengawasi lajunya meteran BBM. Hal ini karena untuk menghindari kecurangan pada saat pengisian bahan bakar.

Seperti yang dialami oleh pengguna facebook yang mengunggah bahwa pada saat pengisian bahan bakar dengan nominal Rp. 10.000 namun pada saat megamati meteran dirinya megklaim tidak melihat angka meteran melewati Rp. 9.000. Namun hingga kini, unggahan tersebut belum bisa dipertanggungjawabkan karena tak menyertakan video kecurangan. Tetapi untuk para pengendara tidak ada salahnya lebih jeli dan teliti.

Baca Juga: Simak Tips Hemat Bahan Bakar, Kala Bensin Boros Bikin Jengkel

4. Menggoyangkan tangki bahan bakar

Salah satu cara agar terhindar dari kecurangan pada saat mengisi BBM ialah meggoyangkan tangki bahan bakar. Hal ini agar tangki terisi sempurna, karena seperti motor ketika diisi bahan bakar kemungkinan ada udara yang masuk jika posisi miring.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
News

Deretan PO Bus AKAP ini Punya SPBU Sendiri

Selasa 21 Maret 2023, 11:05 WIB
Deretan PO Bus AKAP ini Punya SPBU Sendiri
Berita Terkini