Dapat Mencampur Bahan Bakar Lebih Baik, Yuk Ketahui Fungsi ECU pada Mobilmu

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 22 Maret 2023, 16:17 WIB
Pada zaman sekarang ini kebanyakan mobil telah mengusung sistem injeksi yang pada umumnya memiliki ECU (Electronic Control Unit) yang berfungsi untuk mengatur berbagai informasi dan fugsi dari mobil

Pada zaman sekarang ini kebanyakan mobil telah mengusung sistem injeksi yang pada umumnya memiliki ECU (Electronic Control Unit) yang berfungsi untuk mengatur berbagai informasi dan fugsi dari mobil

LABVIRAL.COM, Pada zaman sekarang ini kebanyakan mobil telah mengusung sistem injeksi yang pada umumnya memiliki ECU (Electronic Control Unit) yang berfungsi untuk mengatur berbagai informasi dan fugsi dari mobil.

Fungsi utama dari ECU sendiri sebagai sistem sirkuit elektronik utama dalam mobil untuk mengontrol satu atau lebih bagian lainnya. Sebagai pengontrol kendaraan, ECU memberikan dampak positif untuk kinerja mobil. Yuk ketahui dampak positif dari ECU dibawah ini:

Baca Juga: Simak Baik-baik, Ini Waktu yang Tepat untuk Servis CVT Motor Matic

1. Pencampuran bahan bakar lebih baik

Dengan disematkannya ECU, proses pencampuran bahan bakar berjalan dengan mudah dan tepat. Pasalnya, bahan bakar yang digunakan harus dicampurkan dengan udara agar menjadi kombinasi tepat dalam sistem pembakaran mobil. Jadi sistem komputerisasi yang ada di dalamnya membuat hasil pencampuran semakin baik.

Pada awalnya, pencampuran bahan bakar dengan udara, kecepatan putaran mesin, hingga pengukuran waktu pengapian dilakukan secara mekanis. Namun kehadiran ECU membuat proses ini semakin mudah.

Baca Juga: Kisaran Biaya Servis AC Mobil di 3 Kota Besar Indonesia, Cekidot!

2. Suplai bahan bakar menjadi tepat

Selain itu, ECU ini juga mampu menentukan suplai bahan bakar menjadi lebih tepat. Pasalnya, bahan bakar yang harus disuplai ke dalam mesin dioperasikan dengan program komputer berisi data-data untuk menggerakan mesin sesuai dengan kebutuhan takarnya.

3. Menentukan durasi injeksi bahan bakar

Selanjutnya, ECU ini juga berfungsi sebagai penentu durasi injeksi bahan bakar pada injektor. Proses ini dilakukan dengan cara menentukan kapan waktu paling tepat untuk memberikan campuran bahan bakar dan udara pada mesin. Hal ini lah yang pada akhirnya membuat proses pembakaran pun semakin optimal.

Baca Juga: Servis Motor Sendiri di Rumah Gampang Kok, Begini Caranya!

4. Mengatur berbagai sistem

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini