4 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Bergoyang dan Tidak Stabil

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 23 Maret 2023, 00:57 WIB
Ban memerlukan perhatian khusus karena dapat mempengaruhi keselamatan dan keamanan dalam berkendara loh riders

Ban memerlukan perhatian khusus karena dapat mempengaruhi keselamatan dan keamanan dalam berkendara loh riders

LABVIRAL.COM, Salah satu gangguan yang dapat dialami oleh ban kendaraan ialah ban yang bergoyang. Penyebab dari ban motor yang bergoyang ini bermacam-macam loh riders. Untuk menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan lain, yuk pahami penyebab dari ban motor yang bergoyang :

1. Umur pemakaian

Faktor penyebab utama dari ban motor yang bergoyang ialah umur pemakaian yang sudah terlalu lama. Biasanya, masalah yang ditimbulkan dari ban bergoyang ialah karena karet bos engine mounting yang mengeras atau getas sehingga sangat mudah pecah.

Akibat dari pecahnya karet tersebut ban belakang pun menjadi goyang. Jika sudah seperti ini, lebih baik riders langsung mengganti karet engine mounting tersebut.

Baca Juga: Masih Banyak yang Tidak Paham, Ini Arti Tanda Segitiga Kecil di Ban Motor!

2. Jari-jari roda kendor

Penyebab ban belakang bergoyang selanjutnya ialah jari-jari roda yang mengendor. Jari-jari roda berfungsi untuk menghubungkan velg ke tromol untuk menstabilkan posisi kendaraan pada saat berjalan.

Jika sudah seperti ini, lebih baik langsung setel dan kencangkan jari-jari roda yang terhubung dengan velg kendaraan dengan benar. Jika pemasangan kendor atau terlepas dari posisinya, maka laju kendaraan pun dapat terganggu sehingga bisa goyang atau oleng.

Baca Juga: 5 Tips Penting Memilih Ban Motor Murah tapi Berkualitas

3. Mur dan suspense kendor

Untuk mur-mur dan suspense di roda belakang yang mengalami kedor juga menjadi masalah. Pasalnya, semua kompnen belakang motor ini berpengaruh dengan kestabilan motor. Untuk itu, lebih baiknya melakukan pengecekan secara rutin dengan cara mengencangkan mur yang kendor.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Baru Tapi Masih Licin

4. Velg peang

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini