5 Cara Bawa Mobil Matic Bagi Pemula, Ketahui Dulu Fungsi Tuas Transmisi Ya

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 23 Maret 2023, 13:29 WIB
Siapa disini yang baru bisa mengendarai mobil matic? Meskipun mengendarai mobil matic tidak begitu sulit

Siapa disini yang baru bisa mengendarai mobil matic? Meskipun mengendarai mobil matic tidak begitu sulit

LABVIRAL.COM, Siapa disini yang baru bisa mengendarai mobil matic? Meskipun mengendarai mobil matic tidak begitu sulit. Namun bagi pemula, mengendarai mobil ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan loh. Alih-alih ingin menginjak rem tetapi malah salah menginjak gas menjadikan hal ini tentu saja sangat berbahaya.

Untuk itu, yuk simak beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil matic khususnya untuk pemula :

1. Jangan langsung hidupkan mesin

Ketika memasukkan kunci mobil, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesinnya. Tetapi pastikan untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Pada beberapa jenis mobil matic, biasanya tanda indikator mesin telah menyala itu dengan memberikan suara.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Begini Tips Ampuh Supaya Motor Matic Tetap Irit BBM!

2. Injak rem saat starter

Untuk beberapa mobil matic, mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Maka dari itu, leih baiknya jika menyalakan atau menstarter mobil matic langsung menginjak pedal rem. Namun, tidak semua mobil matic memerlukan cara tersebut.

3. Injak rem saat memindahkan tuas

Langkah selanjutnya yakni, ketika mesin sudah dapat menyala pindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi juas R atau D. namun ketika memindahkan tuas pada persneling, lebih baik dibarengi dengan menekan pedal bagian rem. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

Baca Juga: 4 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Bergoyang dan Tidak Stabil

4. Pahami fungsi tuas transmisi

Tuas transmisi atau perseling ialah komponen yang sangat penting pada mobil. Untuk mobil matic sendiri memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, M. Maka dari itu, ketika ingin mengendarai mobil matic pastikan memahami setiap fungsi dari transmisi tersebut. Dengan memahami tuas transmisi, mengendarai mobil akan jauh lebih aman.

5. Menggunakan transmisi manual

Pada umumnya, mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara mengoperasikannya pun juga begitu mudah. Jika mengendarai mobil matic tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini