Komponen Pendingin Mesin Mobil, Yuk Kenali dan Rawat Ya!

Aci
Jumat 24 Maret 2023, 00:27 WIB
Ilustrasi air radiator saat dituangkan (Sumber : istockphoto.com)

Ilustrasi air radiator saat dituangkan (Sumber : istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Alat pending menjadi salah satu komponen penting di sebuah mobil. Sebab tanpa pending mesin, mobil akan mudah panas, bahkan bisa mengeluarkan panas berlebih. Sampai-sampai, mobil mengalami overheat.

Untuk lebih memahaminya, simak berikut penjelasan Labviral.com, terkait alat pendingin di sebuah mobil.

Pengertian dan fungsi alat pendingin:

Alat pendingin merupakan komponen yang berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin yang sedang bekerja. Sehingga suhunya tidak melebihi suhu standar ketika mobil berjalan atau menyala. Tahukah kamu, terdapat beberapa komponen alat pending mobil?

Berikut beberapa komponen alat pendingin mobil, yang harus kamu perhatikan dan rawat, agar komponen pendingin mobil ini dapat berkerja dengan maksimal.

Baca Juga: Mesin Mobil Menggelitik dengan Suara Tak Lazim, Apa Sebabnya?

Radiator

Komponen pendingin pertama yaitu radiator. Radiator merupakan pipa kecil dan bak penampungan water coolant. Pipa ini nantinya akan dialiri oleh cairan pendingin demi menyerap suhu panas yang dikeluarkan oleh mesin.

Selain memanfaatkan pipa tersebut, radiator juga memiliki kisi-kisi yang menempel untuk mendinginkan, dengan memanfaatkan angin. Kisi-kisi ini juga berfungsi untuk mendinginkan air yang menyerap panas sehingga dapat dialirkan kembali ke pipa.

Baca Juga: Jangan Sampai Mesin Mobil Menggelitik, Bersihkan Ruang Bakar Secara Mandiri

Pompa air

Berikutnya adalah komponen alat pendingin mesin mobil berupa pompa air yang bekerja untuk mengantarkan sirkulasi air dari lower tank ke radiator. Pompa ini akan membuat air radiator kembali ke dalam pipa-pipa untuk bekerja.

Pompa air akan bekerja menyesuaikan putaran mesin karena tersambung dengan v-belt. Pompa air menjadi komponen yang tidak boleh rusak karena akan menjaga siklus tertutup yang fungsinya menyerap, membawa serta membuang panas.

Baca Juga: Alasan Kenapa Sopir Bus Jarang Matiin Mesin saat Istirahat

Kipas radiator

Pada radiator mobil, terdapat dua kipas yang disebut kipas radiator. Satu kipas berfungsi untuk memberikan aliran udara ke radiator dan disebut dengan motor fan radiator.

Sedangkan kipas yang kedua berfungsi membuat aliran udara dingin melewati kisi-kisi radiator. Kipas kedua ini akan bekerja dengan mengandalkan tali kipas. Kipas ini tidak meniupkan udara melainkan menghisap udara dari radiator.

Baca Juga: Performa Mesin Selalu Optimal, Ikuti Saja Tips Ini

Thermostat

Thermostat berfungsi sebagai pengatur sirkulasi air pada pendingin mesin. Terdapat dua jenis thermostat, yaitu katup by pass dan kedua tanpa katup.

Nah, itu dia beberapa komponen pendingin mesin mobil yang perlu kamu perhatikan dan rawat, agar mobil tidak lagi mengalami gangguan suhu panas yang bisa menyebabkan mobil mengalami overheat. Semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini