Performa Mesin Selalu Optimal, Ikuti Saja Tips Ini

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 23 Maret 2023, 01:12 WIB
Mesin pada mobil adalah bagian vital paling penting karena bekerja sebagai penggerak sebuah mobil yang sangat butuh perawatan rutin. Sudah seharusnya kita mengerti cara merawat kerja mesin mobil agar selalu prima

Mesin pada mobil adalah bagian vital paling penting karena bekerja sebagai penggerak sebuah mobil yang sangat butuh perawatan rutin. Sudah seharusnya kita mengerti cara merawat kerja mesin mobil agar selalu prima

LABVIRAL.COM, Mesin pada mobil adalah bagian vital paling penting karena bekerja sebagai penggerak sebuah mobil yang sangat butuh perawatan rutin. Sudah seharusnya kita mengerti cara merawat kerja mesin mobil agar selalu prima. Lakukan dengan sederhana merawat mesin mobil tanpa harus kebengkel agar 100% kerjanya tetap awet yaitu dengan selalu membersihkan bagian-bagian dari mesin itu sendiri.

Artinya, tak hanya soal perawatan bodinya yang selalu dibersihkan agar tetap kinclong namun sektor mesin juga perlu mendapat perhatian agar kondisinya tetap terawat dan terjaga. Hal ini dimaksudkan supaya performa pada mesin tidak turun dan awet sehingga kerusakan pun bisa dicegah.

Nah, berikut tips singkat memelihara performa mesin yang wajib kita ketahui.

Baca Juga: Hindari Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas Kalau Ngga Mau Begini!

1. Gunakan bahan bakar yang sesuai dan berkualitas

Maksud bahan bakar berkualitas adalah bahan bakar tanpa timbal. Lebih bagus lagi, gunakan bahan bakar dengan RON yang direkomendasikan pabrikan mobilmu. Sebab bahan bakar yang berkualitas akan menjaga mesin selalu dalam performa terbaiknya. Selain itu bahan bakar berkualitas juga bisa mencegah ruang bakar mesin dari kerak.

Baca Juga: Ditanam Mesin Baru, Intip Keunggulan dan Harga Isuzu Elf NMR 81

2. Hindari penggunaan zat aditif pada bahan bakar

Pada umumnya zat aditif ini ditawarkan dengan tujuan meningkatkan nilai oktan untuk meningkatkan performa mesin dan mengurangi knocking, tetapi zat aditif ini dapat mengandung bahan kimia yang tidak sesuai dengan kondisi mobil.

Baca Juga: Jangan Sampai Mesin Mobil Menggelitik, Bersihkan Ruang Bakar Secara Mandiri

3. Bersihkan pipa filter

Kandungan oksigen yang diserap ke dalam bahan bakar tentu akan mempengaruhi sempurna atau tidaknya proses pembakaran tersebut dan tentunya performa mesin itu sendiri. Sebelum dialirkan ke ruang bahan bakar, oksigen akan terlebih dahulu di filter melalui pipa. Tujuannya agar udara yang masuk bersih, sehingga ruang di dalam bahan bakar tetap bersih, tidak berkerak sehingga performa mesin mobil terjaga.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini