Engine Mounting, Komponen Penting Pada Motor Matic yang Jarang Diperhatikan

Yowan R
Kamis 23 Maret 2023, 13:43 WIB
Ilustrasi engine mounting pada motor matic (Sumber : youtube.com/ Suhaimi Bolot Channel)

Ilustrasi engine mounting pada motor matic (Sumber : youtube.com/ Suhaimi Bolot Channel)

LANVIRAL.COM - Pada sepeda motor matic mesinnya tidak dihubungkan secara langsung dengan rangkanya menggunakan baut dan mur seperti motor bebek dan motor sport.

Motor matic ini mesin dengan rangkanya terhubung melalui media tertentu yang dinamakan Engine Mounting. Selain menghubungkan mesin dan rangka, engine mounting juga berperan sebagai bantalan dan peredam getaran mesin agar tidak terlalu besar.

Engine mounting sendiri terdiri dari braket besi, karet engine mounting, bos engine mounting dan bearing yang bisa mengalami kerusakan seiring dengan pemakaiannya seperti komponen lain.

Baca Juga: Agar Tetap Aman dan Nyaman, Begini Tips Modifikasi Motor Matic yang Benar

Kerusakan yang dialami engine mounting pada motor matic ini biasanya terletak pada karet  engine mounting, bos karet yang aus ataupun bearing yang sudah oblak. Jika terjadi kerusakan pada engine mounting, tanda-tandanya bisa dirasakan dengan jelas seperti motor terasa goyang saat dikendarai terutama ketika bermanuver.

Umumnya, engine mounting pada motor matic ini akan mengalami kerusakan setelah motor berumur lebih dari 5 tahun, terlebih jika motor sering digunakan pada jalan yang rusak atau sering membawa beban yang berlebih, engine mounting motor matic akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Begini Tips Ampuh Supaya Motor Matic Tetap Irit BBM!

Karena itu, pemilik motor matic disarankan untuk memeriksa engine mounting untuk memastikan kondisinya. Jika dirasa ada komponen engine mounting yang mengalami kerusakan, segera ganti komponen tersebut demi kenyamanan dalam berkendara.

Penggantian komponen engine mounting untuk motor matic biasanya menghabiskan biaya kisaran Rp. 150 ribu hingga Rp. 200 ribuan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini