Kenapa Sih Aki Bawaan Motor Lebih Awet dari Aki yang Sudah Diganti?

Yowan R
Jumat 24 Maret 2023, 09:13 WIB
Ilustrasi aki bawaan sepeda motor (Sumber : bukalapak.com)

Ilustrasi aki bawaan sepeda motor (Sumber : bukalapak.com)

LABVIRAL.COM - Banyak yang mengatakan jika aki bawaan pada sepeda motor memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan dengan aki yang sudah diganti.

Umumnya aki bawaan sepeda motor ini memiliki rata-rata usia pakai dari 3 hingga 5 tahunan. Bahkan, jika motor yang rutin mendapatkan perawatan usia pakai aki bawaan motornya bisa lebih dari 5 tahunan.

Untuk antisipasi, pastikan saja saat motor aki bawaannya sudah berumur diatas 4 tahun, kalian harus menyiapkan budget untuk mengganti aki dengan yang baru.

Baca Juga: Aki Motor Tidak Mengisi? Ternyata Ini Sebabnya

Usia dari aki bawaan motor ini cenderung lebih panjang daripada aki pengganti yang di jual di toko-toko sparepart, baik itu aki dengan merek yang sama ataupun aki aftermarket.

Aki bawaan motor yang memiliki usia pakai lebih panjang  dari aki yang sudah diganti ini memang benar adanya. Karena, aki yang digunakan pada motor-motor baru keluaran dealer ini kondisinya masih sangat fresh, aki yang digunakan pada motor baru langsung didatangkan dari pabriknya saat motor di rakit.

Sedangkan aki motor yang dibeli di toko untuk aki pengganti ini bisa jadi aki tersebut merupakan aki yang sudah lama disimpan atau aki stok lama. Jadi, sel-sel aki sudah mulai tidak sempurna kemampuannya dalam menyimpan arus listrik.

Baca Juga: Bisa Nggak Sih Charge Aki Kering Motor Secara Manual?

Selain itu, sistem pengisian pada sepeda motor juga sangat mempengaruhi usia pakai dari aki. Pada motor-motor baru, sudah pasti memiliki sistem pengisian arus listrik yang lebih bagus dibandingkan dengan sistem pengisian motor yang sudah lama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini