Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan, Hindari Ban dengan Bertapak Kecil

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi: Ban motor aman saat musim hujan (Sumber : unsplash.com/@gijsparadijs)

Ilustrasi: Ban motor aman saat musim hujan (Sumber : unsplash.com/@gijsparadijs)

LABVIRAL.COM - Memasuki musim penghujan, jalanan akan berubah jadi lebih licin. Itu artinya Anda sebagai bikers, harus lebih berhati-hati dalam menggunakan motor yang sedang digunakan. Untuk membantu Anda lebih sigap di jalan raya yang licin, akibat hujan sebaiknya pilih dan gunakan ban motor yang tepat. 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih ban motor saat musim hujan yang harus Anda ketahui:

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ternyata Segini Tekanan Angin yang Tepat Pada Ban Motor Supaya Aman

1. Mempunyai banyak alur atau ban basah

Ban standar yang diberikan oleh pabrikan motor, pada dasarnya aman digunakan dalam berbagai macam kondisi. Tapi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ganti ban motor Anda dengan jenis ban motor saat musim hujan.

Kali ini pilih ban motor yang mempunyai banyak alur. Ini yang akan memudahkan Anda mengendarai motor di tengah jalanan yang basah dan juga licin. Alasannya tidak lain, karena air hujan, dapat dengan mudah melewati sela-sela permukaan ban, yang membuat Anda terhindar dari risiko tergelincir.  

Baca Juga: Tips Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan!

2. Hindari menggunakan ban dengan tapak kecil

Banyak orang yang menggunakan ban dengan tapak yang berukuran kecil karena dianggap lebih irit bahan bakar. Tapak ban yang lebar dianggap lebih memberatkan mesin karena lebih banyak permukaan ban yang bergesekan dengan permukaan aspal.

Ban jenis ini, memang lebih lincah, tapi yang tidak banyak orang sadari adalah, ban jenis ini, rentan tergelincir, terutama di permukaan jalan yang basah. Jadi dalam hal ini, sebaiknya gunakan ban dengan ukuran tapak sedang. Alasannya selain tidak boros, dan mempunyai daya cengkeram yang lebih baik, ketimbang tapak kecil.  

Baca Juga: Biar Ban Motor Nggak Cepat Retak, Berikut Tipsnya!

3. Cek tekanan angin

Jangan lupa cek tekanan angin ban motor saat musim hujan, karena hal ini berpengaruh pada kondisi ban itu sendiri. Apabila tekanan angin pada ban terlalu kuat, akan membuat tumpuannya jadi kecil, hasilnya daya cengkeramnya berkurang.

Kondisi seperti ini, yang justru membahayakan kendaraan Anda, dan membuat motor jadi mudah terpeleset. Sedangkan jika tekanan angin terlalu rendah, atau juga terlalu sedikit, maka ban akan cepat aus. Jadi pastikan tekanan ban pada motor pada ban Anda tepat.   

4. Pilih ban yang motifnya searah

Dalam memilih ban motor saat musim hujan, pilih yang motifnya searah. Ini berlaku untuk semua tipe ban, baik untuk tipe ban basah dan juga tipe ban kering.  

5. Perhatikan kecepatan ketika berkendara  

Baca Juga: 5 Tips Penting Memilih Ban Motor Murah tapi Berkualitas

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dalam berkendara. Agar terhindar dari Aquaplaning atau Hydroplaning. Ini adalah sebuah kondisi dimana ban motor atau mobil mengambang atau benar-benar tidak menyentuh permukaan jalan, karena ban tidak mampu menepis genangan air. Kondisi seperti ini banyak terjadi ketika seseorang mengendarai motor atau bahkan mobil, dalam kecepatan tinggi.

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, ketika akan memilih ban motor yang tepat, untuk digunakan dalam kondisi jalan yang licin.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini