Aki Motor Sering Tekor, Kenapa Ya?

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:29 WIB
Aki Motor (Sumber : Pinterest)

Aki Motor (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Aki memang dikenal sebagai komponen penting dalam motor. Tetapi tidak semua pengendara mengerti fungsi dan kegunaannya.

Akibatnya, ketika motor macet, aki langsung menjadi korbannya hingga langsung diganti. Padahal aki yang digunakan baru saja dibeli.

Mengetahui penyebab aki motor tekor bisa menghindarkan motor mengalami macet secara tiba-tiba. Berikut sejumlah penyebab aki tekor. 

1. Permukaan kotor

Salah satu penyebab yang paling kerap ditemui adalah kondisi aki yang kurang terawat dan tidak bersih. Seluruh bagian aki sangatlah penting bagi sebuah motor.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ternyata Segini Tekanan Angin yang Tepat Pada Ban Motor Supaya Aman

Jika salah satu komponennya rusak atau terlepas, maka bisa dipastikan aki tidak akan memberikan suplai listrik ke motor. Selain itu, jika aki tidak bersih, maka bisa jadi aki akan cepat rusak.  

2. Kiprok bermasalah

Kiprok berfungsi mengatur aliran listrik ke aki. Jika kiprok bermasalah, maka bisa dipastikan aki juga bermasalah atau bisa jadi soak.

Maka dari itu, penting untuk mengecek kiprok sebelum akhirnya mengecek kondisi aki. Cara yang paling mudah adalah dengan menyalakan msin motor dan lampu utama.

Baca Juga: Radiator Motor Bermasalah? Begini Cara Memeriksanya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini