Tips Bersihkan Mesin Motor Yang Baik dan Benar, Biar Performa Motor Tetap Terjaga!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:32 WIB
Illustrasi Perawatan Motor (Sumber: Pinterest).

Illustrasi Perawatan Motor (Sumber: Pinterest).

LABVIRAL.COM- Kebersihan motor sangat berpengaruh terhadap kinerja motor, terutama pada bagian mesin motor. Dengan mesin motor yang senantiasa bersih, usia motor bisa jadi lebih awet. Selain itu, mesin yang secara rutin dibersihkan juga akan menambah kenyamanan bagi tiap pengendaranya.

Namun, masih banyak pengendara motor yang enggan membersihkan motornya. Selain karena harus merogoh kocek demi pengganti jasa cuci motor, pengendara juga harus menyediakan waktu lebih jika ingin mencuci mesin motornya sendiri.

Baca Juga: Radiator Motor Bermasalah? Begini Cara Memeriksanya!

Untuk menghindari keduanya, pengendara motor hanya harus melakukan sejumlah tips sederhana berikut agar motor senantiasa bersih dan meningkatkan kenyamanan. 

1. Memakai sampo khusus

Ada banyak sampo yang diproduksi secara khusus untuk membersihkan mesin motor. Campurkan sampo khusus motor tersebut dengan air secukupnya. Kemudian celupkan kain lembut ke dalam campuran tersebut dan bilas ke area mesin motor. Lalu bersihkan dengan air. 

2. Gunakan solar atau bensin

Bahan bakar minyak seperti solar atau bensin ternyata sangat amppuh untuk membersihkan kotoran atau kerak yang susah dibuang dengan menggunakan sampo atau deterjen. Sediakan bensin atau solar secukupnya. Kemudian, celupkan sikat gigi atau kuas ke bensin atau solar tersebut, lalu gosokkan sikat ke area kotoran yang ingin dibersihkan. 

Baca Juga: Tips Repaint Body Motor dengan Cat Kaleng agar Hasilnya Istimewa!

3. Memakai sabun cuci piring

Sabun cuci piring juga bisa menjadi alternatif bahan yang akan digunakan untuk mencuci mesin motor. Selain harganya yang murah, cara menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan motor juga sangat mudah. Campur sabun cuci piring dengan air secukupnya. Celupkan lap ke dalam campuran tersebut dan gosokkan ke sejumlah area mesin motor. Untuk menjangkau celah, gunakan sikat atau kuas. 

4. Gunakan asam cuka

Asam cuka dikenal memiliki zat yang mampu menghilangkan tidak hanya kotoran bandel tetapi juga karat yang menempel di mesin motor. Namun, pastikan untuk melarutkannya ke sedikit air sebelum menggunakannya untuk membersihkan mesin motor. Selain itu, gunakan larutan asam cuka ini hanya di area mesin motor dan jangan menggunakannya di area body motor karena bisa merusak cat atau berbagai bahan selain besi.  

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini