Aki Motor Bolehkah Dipasang Miring?

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:44 WIB
Illustrasi Aki (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Aki (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Bagi para bikers, modifikasi motor adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Berbagai perubahan akan dilakukan demi mendapatkan model atau bentuk yang sesuai dengan keinginan.

Bahkan, penempatan sejumlah komponen motor pun kini tidak lagi pada tempatnya. Sebagian besar juga telah mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang bisa saja terjadi adalah penempatan aki. 

Karena berbagai modifikasi yang dilakukan, aki bisa saja ditempatkan dengan bentuk atau penempatan yang berbeda.

Jika biasanya aki ditempatkan dengan cara tegak, karena adanya sejumlah modifikas, aki bisa saja ditempatkan secara miring. Hal ini dilakukan demi bentuk baru yang telah dilakukan sesudah modifikasi. 

Namun, banyak yang masih kebingungan dan timbul berbagai pertanyaan, apakah aki bisa tetap bekerja secara normal ketika ditempatkan secara miring? Apakah aki akan tetap awet? Yuk kita cari tahu jawabannya!

Baca Juga: Tips Ampuh Bikin Baterai Motor Listrik Usia Pakainya Makin Panjang

Aki tidak boleh ditempatkan miring jika

Aki sangat dilarang keras ditempatkan miring di motor jika aki yang digunakan adalah aki basah. Aki jenis ini sangat dianjurkan untuk tidak diletakkan dalam keadaan miring karena aki jenis ini secara umum memiliki saluran hawa dimana saluran ini bisa membuat air yang ada di dalam aki tumpah jika ditempatkan miring. Sedangkan volume aki juga akan berkurang. 

Baca Juga: Kenapa Sih Aki Bawaan Motor Lebih Awet dari Aki yang Sudah Diganti?

Jika cairan yang ada di dalam aki basah tumpah, maka volume air akan berkurang. Jika berkurang, maka plat lempengan sel tidak akan terendam oleh air aki dengan sempurna. Hasilnya, aki akan cepat soak dan rusak karena timbulnya jamur di sekitar lempengan sel. Maka dari itu, aki tidak boleh dipasang miring jika menggunakan aki basah. 

Aki boleh dipasang miring jika

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini