Cara Panaskan Mesin Motor yang Baik dan Benar, Biar Performa Motor Tetap Joss!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:52 WIB
Illustrasi Pengendara Motor (Sumber: Pinterest).

Illustrasi Pengendara Motor (Sumber: Pinterest).

LABVIRAL.COM- Mesin motor memerlukan beberapa menit sebelum akhirnya dapat bekerja dengan maksimal. Pasalnya, motor yang tidak dinyalakan dalam beberapa jam akan mengalami pendinginan secara otomatis.

Maka dari itu, banyak pemilik motor yang memanaskan motor terlebih dahulu di pagi hari sebelum mulai menggunakannya. 

Tiap orang memiliki caranya tersendiri dalam memanaskan mesin motor. Ada yang hanya menunggu beberapa menit dan ada juga yang mengegasnya agar lebih cepat panas.

Namun ternyata, ada langkah-langkah tertentu dalam memanaskan mesin motor. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam memanaskan motor. 

Baca Juga: Pengertian dan Penyebab Terjadinya Sunburn pada Speedometer Digital Sepeda Motor

1. Memulai dengan starter manual

Untuk melakukan pemanasan secara perlahan, lakukan dengan memanfaat starter manual. Engkol starter hingga 7 kali sebelum mulai menyalakan motor. Hal ini dapat membantu pemanasan motor lebih optimal. Namun jika tidak ada starter manual, maka langsung ke poin dua. 

2. Panaskan selama beberapa menit

Setelah itu hidupkan dengan starter elektrik. Untuk motor diproduksi beberapa tahun belakang ini, sudah dilengkapi dengan sistem injeksi.

Maka dari itu, pemanasan hanya perlu dilakukan selama 2-3 menit saja. Dan tidak perlu mengegasnya dengan harapan mesin sudah panas.

Baca Juga: Tunjuk Aja Mau yang Mana, Ini Daftar Harga Motor Matic Terlengkap Semua Merk

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini