Cara Kerja Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak Pada Sepeda Motor, Sudah Tahu?

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:55 WIB
Illustrasi Sepeda Motor (Sumber:Pinterest)

Illustrasi Sepeda Motor (Sumber:Pinterest)

LABVIRAL.COM- Bagi para penggila dunia otomotif tentunya tidak asing lagi dengan istilah motor 2 langkah (2 tak) dan motor 4 langkah (2 tak). 

Namun bagi orang awam istilah ini hanya pernah didengar dan bahkan asing bagi mereka. Istilah ini mungkin dianggap sepele namun dalam kasus sebenarnya pengertian dari kedua istilah itu sangat kompleks.

Jika kamu termasuk dari banyaknya orang yang tidak mengetahui arti dari apa motor 2 tak dan motor 4 tak, kamu dapat melihat dari penjelasan yang ada di bawah ini:

Sebelum kamu tahu lebih lengkap tentang cara kerjanya, kamu perlu tahu apa perbedaan secara singkat 2 tak 4 tak.  

Baca Juga: Pengin Kulit Nggak Kusam Meski Mengendarai Sepeda Motor? Begini Caranya

Mesin 2 tak biasanya dikenal oleh orang awam dengan gas buang yang dihasilkan berasap dan 4 tak tidak berasap, bunyi yang dihasilkan oleh mesin 2 tak juga lebih nyaring dibandingkan mesin 4 tak.  

Mesin 2 tak memiliki komponen mesin yang lebih sedikit dibandingkan mesin 4 tak. Kedua istilah itu dibedakan dengan siklus pembakarannya yang terjadi di dalam mesin.

Mesin 2 tak hanya memiliki 2 siklus yatu hisap dan buang sedangkan mesin 4 tak memiliki 4 siklus yaitu siklus hisap, kompresi, usaha dan buang.

Cara Kerja Mesin 2 langkah (2 tak)

1.Siklus pertama adalah langkah hisap

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini