Mesin Motor Tiba-tiba Pecah? Awas!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 16:45 WIB
Illustrasi Mesin Motor (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Mesin Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Sejumlah pemilik motor diketahui pernah mengalami mesin motor pecah. Kejadian ini pun dialami hampir setiap pemilik motor.

Bahkan, kejadian mesin pecah tersebut terjadi secara tiba-tiba dan mendadak. Alhasil, pemilik motor harus mengeluarkan biaya yang cukup besar demi memperbaiki kendaraannya. 

Dari berbagai kejadian tersebut, mesin motor pecah mengalami bentuk yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya terlihat crankcase pecah atau terbelah. Setang piston pun juga telrihat putus. Bahkan, piston pun juga pecah. 

Berbagai keadaan tersebut membuat banya pemiliki motor tertarik untuk mengetahui penyebabnya. Berikut sejumlah penyebab utama mesin motor pecah secara tiba-tiba.

Baca Juga: 7 Aplikasi dan Situs Jual Beli Motor Bekas Online Murah dan Terpercaya

1. Selalu terlambat ganti oli

Oli merupakan komponen penting dalam sebuah motor yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi komponen mesin tetapi juga membuat komponen mesin dapat bekerja secara maksimal. Jika telat ganti oli hingga oli mesin mengering, maka bisa jadi mesin akan semakin berat untuk bekerja. 

Sedangkan jika oli sampai telat diganti bisa jadi crancase akan menghitam. Sedangkan setang piston bisa jadi macet dan tidka bisa bergerak hingga akhirnya nanti pecah. Maka dari itu, sangat penting untuk mengganti oli sebelum oli habis. 

2. Water hammer

Air yang masuk ke dalam mesin juga bisa menjadi penyebab pecahnya mesin. Keadaan tersebut bisa saja terjadi ketika pengendara motor memilih untuk menerabas banjir sehingga membuat mesin motor terpaksa harus terendam banjir. Hingga akhirnya, air masuk ke mesin dan masuk ke ruang pembakaran di mesin. 

Jik air sudah masuk ke ruang pembakaran maka bisa mesin bisa saja pecah karena adanya water hammer. Kejadian ini sangat mungkin terjadi kepada motor skutik. Untuk menghindari hal ini, pengendara motor harus selalu menjaga agar menjaga motor tetap berada di batas aman sehingga mesin tidak akan terendam oleh air. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini