Penyebab Kecelakaan di Tol, Pakar Safety Riding Beberkan Alasannya

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 16:35 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Mobil (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi Kecelakaan Mobil (Sumber : Pexels.com)

LABVIRAL.COM - Kecelakaan di jalan tol seringkali terjadi, mulai dari kecelakaan ringan sampai kecelakaan berat, yang melibatkan mobil kecil sampai dengan mobil-mobil berukuran besar. Lalu sebenarnya, apa sih faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan di jalan tol terjadi? Berikut labviral.com jelaskan berdasarkan penjelasan Jusri Pulubuhu, instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Pakar safety riding tersebut menjelaskan terkait beberapa faktor penyebab kecelakaan yang seringkali terjadi di jalan tol, seperti faktor fisik, kesehatan kendaraan, ketangkasan berkendara sampai dengan waktu berkendara.

Baca Juga: Termasuk Batas Kecepatan, Pahami Aturan Jalan Tol Sebelum Mudik

Faktor fisik, dimana sebaiknya pengemudi yang hendak melakukan perjalanan panjang di jalan tol, harus benar-benar memastikan kondisi fisiknya sehat secara sempurna. Selain fisik, bahkan untuk keamanan mental seorang pengemudi pun harus sehat dan stabil. Dimana, pengemudi harus dapat bersikap sabar, santai dan sigap saat sedang mengemudikan kendaraan di jalan tol. Karena kondisi yang kurang sehat, juga mudah menyebabkan human error.

“Sebelum mengemudi di jalan tol yang pada umumnya pasti ingin melakukan perjalanan jauh, pastikan dahulu kondisi fisik sehat walafiat, tidak ada gangguan, pusing, flu atau apapun itu. Karena sekecil apapun kondisi fisik yang kurang sehat, akan mengganggu konsentrasi mengemudi. Selain itu juga, mental seseorang saat ingin mengemudi harus stabil dan sehat; tidak boleh emosian, sehingga bisa menyebabkan ia tergesa-gesa,” ucap Jusri pulubuhu kepada Labviral.com.

Baca Juga: Ternyata Ini Jalan Tol Satu-satunya di Indonesia yang bisa Dilalui Motor

Selain itu, pengemudi juga harus sigap. Karena berada di jalan raya, sangat banyak kejutan. Meski kamu sudah mengikuti aturan mengemudi dengan aman, itu tidak menutup kemungkinan masalah datang dari sekitarmu.

"Entah tiba-tiba berhenti, atau ada yang memang hilang kendali. Disitulah kesigapan sebagai pengemudi harus dikeluarkan. Saat bisa menghindar, menghindarlah dengan sigap," sambungnya.

Selain kesehatan fisik dan mental, memastikan kesehatan kendaraan itu sendiri merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Sebab, mobil yang tidak sehat akan sangat berbahaya digunakan. Dan sebaliknya, mobil yang sehat tentu saja lebih aman dipakai.

Kamu pasti pernah menemukan kecelakaan di jalan tol, seperti kebakaran mobil, mobil rem blong, sampai dengan kecelakaan karena pecah ban. Nah, kecelakaan-kecelakaan tersebut dikarenakan kondisi mobil yang kurang sehat. 

Selanjutnya, waktu berkendara. Menurut kamu, untuk perjalanan jauh, mana waktu yang lebih baik untuk berkendara? Apakah pada malam hari atau siang hari.

Baca Juga: Momen Ronaldo Ngamuk Tendang Botol dan Ditenangin Rekan Setim

Berdasarkan penjelasan Jusri Pulubuhu, berkendara jarak jauh lebih aman dilakukan di siang hari.

“Baik siang dan malam, keduanya sama-sama berpotensi kecelakaan, jika manusianya sendiri tidak memahami tentang keselamatan berkendara,” terangnya.

“Tetapi dibandingkan dengan malam, sebaiknya waktu untuk melakukan perjalanan jauh dimulai dari siang hari atau saat cahaya matahari masih terang benderang. Sebab, perjalanan pada malam hari jauh lebih berisiko” sambung Jusri Pulubuhu.

“Pada siang hari, pencahayaan akan jauh lebih terang dibandingkan dengan malam hari. Karena, kemampuan mata untuk melihat jarak panjang jauh akan berkurang. Seterang-terangnya lampu jalanan ataupun lampu kendaraan, jauh lebih terang cahaya matahari. Pada malam hari, keadaan otak dibuat menurun. Sebab, malam hari adalah waktu dimana seseorang seharusnya beristirahat dan tidak beraktivitas. Kondisi penurunan pada otak akan ini cukup berpengaruh dalam berkontraksi saat berkendara,” tutup jusri pulubuhu saat ditemui di kediamannya di Bintaro, Tangerang Selatan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini