Fakta Menarik Suzuki Hayabusa, Supersport Tercepat dengan Top Speed 316 Km/h

Ananta
Sabtu 25 Maret 2023, 22:30 WIB
Ilustrasi Suzuki Hayabusa generasi 3 yang dirilis tahun 2021 (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi Suzuki Hayabusa generasi 3 yang dirilis tahun 2021 (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Berbicara motor jalanan tercepat di dunia, pasti yang pertama kali terpikirkan adalah Kawasaki Ninja H2 yang memang saat ini masih menjadi raja kecepatan untuk motor jalanan di dunia.

Tapi, sebelum kemunculan Kawasaki Ninja H2, ada satu sepeda motor yang sempat menjadi raja kecepatan untuk motor jalanan, motor tersebut adalah Suzuki Hayabusa yang menjadi pemenang antara persaingan pabrikan motor dalam menciptakan motor jalanan atau produksi masal tercepat.

Pertama kali diperkenalkannya pada tahun 1999 Suzuki Hayabusa ini langsung menjadi bahan perbincangan karena memiliki kemampuan yang fenomenal dan di saat bersamaan memiliki handling yang sangat baik, pun dengan fitur keamanan yang mumpuni.

Berikut beberapa fakta menarik dari Suzuki Hayabusa (GSX1300R):

Baca Juga: 2 Motor Baru Suzuki Ternyata CBU dari India, Apa Saja Motor Tersebut?

1. Tidak mengalami perubahan signifikan selama 3 generasi

Hingga saat ini, Suzuki Hayabusa sudah memiliki 3 generasi yang terakhir dirilis pada tahun 2021 sebagai varian terbarunya. Dalam 3 generasi tersebut, Suzuki Hayabusa tidak mengalami perubahan yang signifikan baik dari segi desain dan mesinnya.

2. Arti nama Hayabusa

Pemberian nama Hayabusa pada motor supersport Suzuki, terinspirasi dari salah satu nama burung tercepat di dunia, yaitu Peregrine Falcon yang mampu terbang dengan kecepatan hingga 390 km/jam. Burung tersebut dalam bahasa Jepang diberi nama Hayabusa.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Suzuki Terbaru, Ada Sport Touring Suzuki Gixxer SF 250 Loh!

Suzuki Hayabusa juga dikenal dengan nama GSX1300R, yang kabarnya diproduksi pertama kali untuk menjadi pesaing motor yang diproduksi massal untuk jalanan tercepat Honda CBR1100XX Super Blackbird kala itu.

3. Generasi pertama Suzuki Hayabusa adalah yang tercepat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini