Suzuki Hayabusa vs Kawasaki Ninja H2R, Mana yang Lebih Kencang?

Ananta
Sabtu 25 Maret 2023, 22:33 WIB
Ilustrasi Suzuki Hayabusa vs Kawasaki Ninja H2R (Sumber : carbikeindia.com)

Ilustrasi Suzuki Hayabusa vs Kawasaki Ninja H2R (Sumber : carbikeindia.com)

LABVIRAL.COM - Berbicara mengenai Suzuki Hayabusa ataupun Kawasaki Ninja H2R kita semua pasti setuju keduanya dianggap sebagai simbol motor terkencang di dunia.

Ilustrasi Suzuki Hayabusa generasi 3 yang dirilis tahun 2021 (suzuki.co.id)

Suzuki Hayabusa memiliki image sebagai motor terkencang sepanjang masa dengan top speednya yang mencapai 316 km/jam.

Loh kenapa bisa begitu, padahal Kawasaki Ninja H2R memiliki top speed yang jauh lebih tinggi. Kabarnya top speed Kawasaki Ninja H2R ini mampu mencapai 400 km/jam.

Baca Juga: Begini Tampilan dan Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-4RR, Dibanderol Setara Rp 144 Jutaan,

Sebelum masuk lebih dalam untuk pembahasan kedua motor yang menjadi motor kencang ini, kalian harus tahu jika kecepatan motor pabrikan dibatasi maksimal 300 km/jam. Kesepakatan ini dibuat antar pabrikan motor dunia untuk mengakhiri persaingan antara pabrikan yang menciptakan motor motor berkecepatan tinggi di tahun 2000-an.

Karena itu pabrikan memberi limiter pada produk-produk terbaiknya sehingga maksimal hanya berkecepatan 300 km/jam saja. Sebab saat sebelum adanya pembatasan kecepatan terjadi perburuan topspeed antar pabrikan sepeda motor terus terjadi hingga Suzuki Hayabusa memecahkan rekor dengan mencapai kecepatan 316 km/jam.

Nah itulah yang membuat banyak motor produksi massal yang memiliki mesin canggih maupun berkapasitas besar tetapi top speednya rata-ratanya hanya 300 km/jam saja.

Ilustrasi motor dengan full fairing Kawasaki Ninja H2r (pixabay.com)

Lalu kenapa Ninja H2R bisa memiliki top speed mencapai 400 km/jam, ha ini karena Ninja H2R memang diciptakan khusus berkendara di Sirkuit bukan untuk jalanan umum. Sehingga top speednya boleh diatas 300 km/jam. Untuk Kawasaki Ninja H2 tanpa “R” juga top speednya dibatasi hanya 300 km/jam saja.

Baca Juga: Fakta Menarik Suzuki Hayabusa, Supersport Tercepat dengan Top Speed 316 Km/h

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini