Jangan Marah Saat Mogok Jika Malas Ganti Oli Mesin Ya!

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 15:27 WIB
Ilustrasi oli mesin mobil (Sumber : nissan.co.id)

Ilustrasi oli mesin mobil (Sumber : nissan.co.id)

LABVIRAL.COM - Setiap komponen mobil harus selalu dalam perawatan, agar performanya tetap baik dan maksimal. Perawatan untuk mobil harus dilakukan, baik itu mobil yang sering digunakan ataupun yang kadang-kadang.

Adapun salah satu komponen mobil yang harus diperhatikan adalah oli mesin, agar performa mesin dapat terjaga dengan baik.

Hal tersebut disebabkan karena oli mesin mempunyai 4 manfaat yang sangat penting bagi kendaraan, yang sudah Labviral.com, rangkumkan untuk kamu.

Baca Juga: Oli Mesin Tercampur Air Saat Nekat Terobos Banjir, Efeknya Parah Coy!

Mengurangi gesekan mesin

Pada mesin mobil, terdapat beberapa komponen yang berkerja saling bergesekan. Disinilah peran penting oli mesin. Oli mesin berfungsi sebagai pengurang efek gesekan agar mesin tidak mudah panas dan bekerja lebih keras. 

Kamu perlu tahu, jika komponen mesin tidak mendapatkan cukup pelumas, mesin akan cepat aus sehingga performa mobil akan menurun dan tidak optimal. Bahkan, mobil bisa mengalami turun mesin atau mogok jika oli tidak diganti terus menerus.

Baca Juga: Oli Mesin Tercampur Air Saat Nekat Terobos Banjir, Efeknya Parah Coy!

Mencegah karat

Sebagian besar komponen mobil terbuat dari logam, yang bisa saja terserang karat jika tidak diperhatikan dengan baik. Untuk menghindari karat tersebut, tentu saja oli mesinlah jawabannya.

Untuk menghindari karat pada komponen mesin, kamu memerlukan oli berkualitas untuk mencegah karat pada permukaan logam. Disinilah peran pelumas yang berfungsi melapisi komponen mobil agar tetap terjaga performa dan keawetannya.

Baca Juga: Ganti Oli Mesin Dibantu Angin Kompresor, Bahaya!

Membersihkan mesin

Selain ketiga manfaat di atas, tugas lain dari oli adalah membersihkan mesin. Saat bersirkulasi, oli akan membawa atau mendorong setiap kotoran, seperti sisa karbon pembakaran atau partikel logam akibat gesekan ke bak penampung oli (Oil Pan). Di dalam Oil Pan, kotoran-kotoran tersebut akan disaring dan dikumpulkan oleh magnet yang telah terpasang.
Mengingat fungsi oli mesin menjadi salah satu komponen penting bagi kendaraan, maka penggantian oli mesin harus dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

Baca Juga: Pakai Oli Mesin Motor Manual di Motor Matic, Gimana Nih Gengs?

Berikut rekomendasi waktu mengganti oli:

• Kondisi Normal : Ganti setiap 6 bulan atau 10.000 KM

• Kondisi Berat : Ganti setiap 3 bulan atau 5.000 KM

• Untuk mesin turbo  : Ganti ketika indicator oil life menyala atau setiap 6 bulan

Nah, itu dia manfaat dari oli mesin. Semoga bermanfaat, ya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini