Petugas Damkar Harus Paham Cara Atasi Kendaraan Listrik yang Terbakar

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 16:16 WIB
ilustrasi Kebakaran (Sumber : Freepik.com)

ilustrasi Kebakaran (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Beragam persiapan perlu dilakukan untuk menyambut kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) yang akan menggantikan kendaraan konvensional berbahan bakar minyak (BBM).

Pada masa transisi akan banyak persiapkan yang perlu disiapkan pemerintah untuk menyambut kendaraan listrik tersebut.

Selain persiapan pembangunan tempat pengisian daya kendaraan listrik pemerintah juga harus menyiapkan bagaimana cara menanggulangi kecelakaan yang mungkin terjadi pada kendaraan listrik.

Baca Juga: Cara Atasi Kebakaran di Mobil Listrik, Jangan Pakai Fire Foam

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam penanggulangan kecelakaan kendaraan listrik ialah penanggulangan kendaraan listrik yang terbakar, karena penanggulangan kendaraan konvensional yang terbakar berbeda dengan kendaraan listrik.  

Tidak sama dengan kendaraan konvensional kendaraan listrik memang memiliki beberapa perbedaan terjadi kecelakaan termasuk kebakaran.

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) melihat bahwa dalam hal kebakaran, dinas pemadam memiliki peran penting untuk memahami beberapa hal dalam memadamkan kendaraan listrik.

Baca Juga: Cara Tangani Bau Hangus Dalam Mobil, Picu Bahaya Kebakaran

"Penting sekali untuk dinas kebakaran itu dilibatkan untuk lebih memahami kendaraan listrik. Di luar negeri, dinas kebakaran dilatih bagaimana mengevakuasi kalau terjadi kebakaran pada kendaraan listrik di tengah jalan," ujar Puryanto General Manager PT Mobil Anak Bangsa, perwakilan dari PERIKLINDO.

Penanganan kendaraan listrik memang dianggap lebih spesifik, sebab dalam memadamkan kebakaran kendaraan listrik harus ada beberapa bagian yang harus dimatikan terlebih dahulu.

Untuk itu penting bagi pemerintah untuk mengikutsertakan pemadam kebakaran dalam pemahaman terkait menanggulangi kendaraan listrik apabila terjadi kecelakaan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Naik Gojek Motor Listrik, Tarifnya Berapa?

Minggu 26 Maret 2023, 15:00 WIB
Naik Gojek Motor Listrik, Tarifnya Berapa?
Berita Terkini