Cara Merawat Ban Mobil, Sederhana Tapi Ngaruh!

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 26 Maret 2023, 19:36 WIB
Kebiasaan banyak orang ialah melakukan perawatan atau pengecekan ban mobil hanya ketika mereka ingin berpergian jauh saja

Kebiasaan banyak orang ialah melakukan perawatan atau pengecekan ban mobil hanya ketika mereka ingin berpergian jauh saja

LABVIRAL.COM, Ban mobil merupakan komponen penting. Faktor ban mobil yang baik dan prima akan memberikan rasa aman dan nyaman saat mengemudi. Tentu saja, untuk menjaga kualitas ban mobil, kamu harus melakukan beberapa perawatan.

Tenang, berikut ini labviral.com siapkan tips merawat ban mobil yang sebaiknya kamu lakukan. Ini cukup sederhana lho. Yuk, dicek!

Kebiasaan banyak orang ialah melakukan perawatan atau pengecekan ban mobil hanya ketika mereka ingin berpergian jauh saja. Padahal, sebaiknya untuk perawatan ban mobil, harus dilakukan dengan rutin bahkan saat tidak ingin berpergian jauh. Baik mobil dengan harga mahal atau murah, ban tetap membutuhkan perawatan secara berkala.

Berikut cara sederhana yang sebaiknya kamu lakukan untuk merawat ban mobil.

Baca Juga: Cara Cepat Longgarkan dan Pasang Mur Saat Ganti Ban Mobil Bagi Pemula

Pemeriksaan 30 menit

Lakukan pemeriksaan sebelum digunakan, minimal siapkan waktu 30 menit saja untuk memastikan tekanan angin dan sisa ketebalan telapak. Tekanan angin berpengaruh pada masa pakai, pengereman, pemakaian bahan bakar dan stabilitas kendaraan.

Dalam kondisi kekurangan angin, permukaan ban akan tertekuk di tengah karena kedua bahu ban yang lebih kokoh harus menopang seluruh beban. Keausan akan terjadi pada sisi samping, pengereman menjadi tidak maksimal dan kendaraan akan terasa berat sementara pemakaian bahan bakar menjadi bertambah.

Baca Juga: Mari Kenali Angka dan Tanda Ukuran Ban Mobil

Sebaliknya, kelebihan tekanan angin membuat ban cepat gundul pada sisi tengah, dan mobil terasa oleng saat bermanuver. Baik kelebihan tekanan angin atau kekurangan, semua berpengaruh besar pada kemampuan pengereman mobil karena ban tidak berfungsi maksimal (tidak seluruh permukaan ban menempel pada muka jalanan). Maka, jangan lupa untuk memastikan kondisi tekanan pada ban mobilmu.

Pemeriksaan rotasi ban

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini