Meminimalisir Risiko, Berikut 7 Tips Memilih Ban Mobil yang Benar

Ananta
Rabu 15 Maret 2023, 10:55 WIB
Ilustrasi perawatan ban mobil (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi perawatan ban mobil (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita ketahui, ban adalah komponen yang dimiliki oleh semua jenis kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4. Karena pemakaian dan bersinggungan dengan jalan setiap hari, maka pada suatu saat ban harus diganti atau diisi angin dan sebagainya.

Pentingnya merawat ban

Mengapa ban harus dirawat? Hal ini berkaitan dengan keamanan pengendara dan kendaraan saat di jalan. Selain itu, ketepatan memilih ban mobil yang bagus juga bisa menyebabkan kecelakaan dan fatalnya berujung kematian. Apakah resikonya memang seserius itu?

Risiko ini bukannya menakut-nakuti, karena jika seseorang salah memilih ban mobil yang bagus bisa-bisa terjadi oleng di jalan. Atau yang lebih buruknya, kendaraan tidak bisa berjalan dengan posisi seimbang, apalagi jika kondisi jalanan cukup curam.

Baca Juga: Sebelum Beli Motor Bekas, Ini 7 Tips Penting yang Wajib Kamu Tahu

Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara berawal dari memilih ban mobil yang bagus. Bukan sekedar merk saja, cuma tipe, ukuran, jenis semua harus diperhitungkan secara matang. Karena sangat penting dan kesalahannya dapat berisiko, libatkan orang lain untuk proses pemilihan ini. 

Memilih ban mobil harus dilakukan secara teliti, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Biar kamu tidak salah, berikut ini adalah tips memilih ban mobil yang bagus dengan benar seperti yang dilansir LabViral.com dari situs daihatsu.co.id:

1. Memilih ban mobil sesuai dengan tipenya

Jangan salah memilih tipe ban. Setiap kendaraan punya tipe dan ukuran bawaan sendiri. Tipe tersebut diukir pada bagian plakat laci atau pintu, tergantung jenis mobil. Selain itu, ada juga yang mencantumkannya di dekat tutup tangki bahan bakar. So ketika kamu memilih ban mobil yang bagus, jangan lupa lihat dulu rekomendasi dari pabrikan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini