5 Komponen Kaki-kaki Motor dan Fungsinya yang Wajib Diketahui, Biar Gak Ketipu!

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 06:46 WIB
Illustrasi Sepeda Motor (Sumber: Pinterest)

Illustrasi Sepeda Motor (Sumber: Pinterest)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kamu ketahui sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang paling disukai oleh kebanyakan masyarakat di negara ini. 

Tentu saja motor selain simple dan fleksibel motor juga memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan alat transportasi bermesin lainnya.

Motor memiliki banyak sekali bagiannya seperti mesin, rangka, kelistrikan, dan tentu saja kaki-kaki. Kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan dan fungsi tentang komponen kaki-kaki motor yang bisa kamu simak. Apa saja penjelasannya?

Kaki-kaki motor ini terdiri dari roda, suspensi, ball joint, bushing, bearing dengan penjelasan sebagai berikut:

Baca Juga: Kompresi Mesin Motor Bocor, 5 Tanda dan Penyebabnya

1. Roda

Roda pada sepeda motor ini tentunya pasti kamu semua sudah mengetahuinya. Fungsi dari roda adalah untuk meneruskan energi gerak  yang dihasilkan oleh mesin yang disalurkan melalui sistem transmisi dan kemudian berakhir pada roda sebagai komponen yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan roda juga berfungsi sebagai penyeimbang motor yang kamu miliki. 

Roda terdiri dari ban dan tentu saja velg sebagai tempat menempelnya ban dan rangka dari ban agar ban menjadi kokoh.

2. Suspensi

Komponen selanjutnya dari kaki-kaki motor adalah suspensi, suspensi ini berfungsi sebagai peredam kejut atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat jalanan yang tidak rata.

Suspensi ini terdiri dari shockbreaker dan swing arm. Swing arm digunakan pada sepeda motor berjenis bebek dan juga sport. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini