Begini Cara Tepat Mengecek Oli Gear Motor Matic

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 06:28 WIB
Illustrasi Oli  (Sumber : Pinterest)

Illustrasi Oli (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Oli gear pada motor matic biasa disebut juga dengan oli gardan atau oli gearbox. Oli gear motor matic ini sama pentingnya dengan oli mesin.

Banyak para pengguna motor matic yang mengabaikan adanya oli gear. Mereka jarang sekali melakukan pengecekan oli gear ini bahkan belum pernah menggantinya sama sekali.

Padahal, peran oli gear di transmisi automatic sangatlah penting. Karena di dalamnya terdapat susunan gearbox yang berfungsi mengubah gerak putar dari pulley sebelum diteruskan ke roda belakang.

Untuk melakukan pengecekan oli gear ini sebenarnya sangat mudah. Kamu tidak perlu repot-repot membawanya ke bengkel, karena bisa dilakukan sendiri.

Baca Juga: Pakai Oli Motor untuk Mobil, Apa Jadinya Ya?

1. Tegakan motor dengan standar tengah

Langkah pertama, posisikan motor menjadi tegak menggunakan standar tengah. Usahakan motor berada pada bidang yang rata, agar motor tidak oleng dan jatuh.

Setelah motor tegak. Buka penutup oli gear yang terletak pada bagian belakang bak cvt. Penutup oli ini bervariasi, masing-masing pabrikan memberikan penutup dengan model yang berbeda.

Untuk memeriksanya, kamu hanya perlu memasukan obeng (-) dengan panjang minimal 15cm ke dalam lubang oli gear yang sudah kamu buka.

2. Ganti oli gear

Setelah melakukan langkah diatas. Kamu bisa memastikan kondisi oli gear dalam keadaan baik atau buruk. Oli yang masih baik atau bagus biasanya masih berwarna kuning dan dan terlihat bersih.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Oli Transmisi dan Oli Mesin, Mari Kenalan

Minggu 26 Maret 2023, 15:06 WIB
Oli Transmisi dan Oli Mesin, Mari Kenalan
Tech

4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor

Sabtu 25 Maret 2023, 17:02 WIB
4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor
Berita Terkini