Ganti Velg Motor Lain di Motor Sendiri? Bisa Kok, Asal Memenuhi Syarat Ini

Yowan R
Senin 27 Maret 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi pemasangan velg di motor yang berbeda (Sumber : youtube.com/Afto Motor Pekanbaru)

Ilustrasi pemasangan velg di motor yang berbeda (Sumber : youtube.com/Afto Motor Pekanbaru)

LABVIRAL.COM - Penggantian velg motor lain untuk motor kalian yang berbeda merek sebenarnya bisa dilakukan, hanya saja harus memenuhi persyaratan.

Karena, velg dari beberapa motor memiliki bagian atau ukuran yang berbeda. Sehingga harus disesuaikan terlebih dahulu agar pemasangannya sempurna.

Salah satu syarat utama saat melakukan pemasangan velg motor lain di motor yg berbeda merek harus memperhatikan diameter dan lebar velgnya dengan velg standar bawaan motor yang akan dipasangi.

Baca Juga: Nggak Perlu Copot Ban, Begini Cara Repaint Velg Racing Sepeda Motor

Perbedaan lebar yang bisa ditolerir kurang lebih sekitar 1 inci, jika lebarnya lebih dari itu sebaiknya jangan digunakan. Karena, nantinya akan mempersulit saat menentukan posisi gear depan dan gear belakang jika motornya manual yang menggunakan rantai sebagai penerus dayanya.

Selain ukuran velg, ukuran tromol seperti lebar tromol, diameter lubang bearing dan ukuran bearing yang digunakan juga harus diperhatikan. Karena tak jarang bearing yang menyangga as roda ukuran berbeda antara satu motor dengan motor lain. Saat ukuran as rodanya berbeda, otomatis harus memberikan begitu banyak penyesuaian mulai dar lubang as roda pada swing arm, spanner dll.

Baca Juga: Tips Ampuh Merawat Velg Motor Agar Cat Tidak Gampang Pudar!

Selain itu, pastikan velg yang akan digunakan memiliki sistem pengereman dengan model yang sama, entah itu tromol ataupun cakram. Hal ini berguna untuk mengurangi banyaknya penyesuaian.

Khusus pada sepeda motor matic, untuk melakukan penggantian velgnya harus menyesuaikan dudukan as roda pada velg belakang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini