Tips Bikin Rem Tromol Motor Matic Jadi Lebih Pakem!

Yowan R
Senin 27 Maret 2023, 13:57 WIB
Ilustrasi perawatan rem tromol motor matic (Sumber : youtube.com/saudara motor)

Ilustrasi perawatan rem tromol motor matic (Sumber : youtube.com/saudara motor)

LABVIRAL.COM - Sistem pengereman pada kendaraan bermotor sangatlah krusial, karena menjamin keselamatan dalam berkendara. Karena itu, akurasi daya cengkram dari sistem pengereman antara depan dan belakang harus seimbang.

Untuk sepeda motor sendiri, sistem pengeremannya, biasanya menggunakan 2 jenis. Rem cakram dan rem tromol, umumnya, rem depan menggunakan jenis cakram dan rem belakang menggunakan jenis tromol.

Tapi, terdapat juga sepeda motor yang menggunakan rem cakram untuk roda depan dan belakang. Terdapat juga yang menggunakan rem tromol di kedua bannya, tapi penggunaan rem tromol pada kedua ban ini hanya terdapat pada motor-motor edisi lama saja (motor tua).

Baca Juga: Cara Merawat Rem Tromol Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Nah, untuk sepeda motor matic, umumnya menggunak dua jenis rem yang berbeda, rem tromol dan rem cakram. Tentunya, rem pada motor matic ini membutuhkan perawatan agar bisa bekerja dengan maksimal.

Khusus untuk rem tromol, perawatannya membutuhkan trik khusus. Karena akurasi rem pakem atau tidak parameternya bukan hanya dari ketebalan kampas rem saja.

Langkah pertama untuk merawat rem tromol adalah membersihkan kabel dan baut. Jika kabel dan baut ini berkarat, bisa dilumasi menggunakan oli atau grease.

Baca Juga: Tips Ganti Kampas Rem Tromol Sepeda Motor Sendiri Dirumah

Kemudian, periksa tingkat kekencangan dan ketinggian rem. Setelah dibersihkan, rem harus di stel ulang sesuai anjuran pada buku pemilik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini