4 Tanda Ban Mobil Wajib Segera Diganti

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 27 Maret 2023, 21:07 WIB
Ban mobil memiliki batas waktu untuk penggantian

Ban mobil memiliki batas waktu untuk penggantian

LABVIRAL.COM, Ban mobil memiliki batas waktu untuk penggantian. Berbahan karet jika sudah saatnya ganti tapi masih dipaksakan maka akan memengaruhi kenyamanan berkendara.

Selain itu, ban yang sudah aus juga akan membahayakan dalam perjalanan. Daya cengkeram yang berkurang membuat keselamatan terancam. Lantas, berapa standar umur ban mobil? Idealnya, umur ban mobil kurang lebih 3 tahun. 

Sehingga, kamu harus melakukan penggantian ban sesudah mencapai usia ini, bahkan meskipun kembangnya masih terlihat tebal karena tidak pernah digunakan, ban tetap harus diganti. 

Bila penggantian dilakukan lebih dari 3 tahun, ban tidak bisa memberi kenyamanan karena telah mengeras dan tidak lentur. 

Untuk mengganti ban mobil, pastikan memilih ban mobil merk terbaik dan bagus. Harga ganti ban mobil ini menyesuaikan merk yang Anda pilih. Dikutip dari Daihatsu, selain sudah mencapai 3 tahun berikut berbagai tanda ban harus diganti, antara lain:

Baca Juga: Cara Merawat Ban Mobil, Sederhana Tapi Ngaruh!

1. Jarak tempuh yang mencapai 40 ribu Km

Meskipun belum menyentuh usia 3 tahun penggunaan, lebih baik ban mobil diganti bila ban sudah menempuh jarak 40 ribu kilometer.

Contohnya, karena sering menempuh perjalanan jauh dalam rentang waktu 2 tahun, rata-rata kilometer mobil sudah mencapai 50 ribuan. 

Bahkan, meskipun ban memiliki kelenturan yang masih bagus, tetapi bila jarak tempuhnya sudah mencapai angka tersebut ban akan aus, umumnya ban akan menempuh jarak 15 ribu hingga 20 ribu kilometer per tahunnya. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini