Cara Memilih Bahan Bakar Motor Agar Mesin Selalu Awet

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 01:35 WIB
Ilustrasi: Pengisian bahan bakar bensin (Sumber : bensin motor antir boros)

Ilustrasi: Pengisian bahan bakar bensin (Sumber : bensin motor antir boros)

LABVIRAL.COM- Jika kamu memiliki sepeda motor baru, jangan asal pilih bahan bakarnya. Karena pemilihan bahan bakar yang digunakan pada motor dapat mempengaruhi keawetan mesinnya.

Dengan menggunakan bahan bakar yang tepat, proses pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar akan menjadi lebih sempurna dan tidak menimbulkan sisa dan panas yang berlebihan.

Dampak dari penggunaan bahan bakar yang tepat adalah performa motor menjadi lebih baik, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan yang terpenting, usia motor menjadi lebih awet.

Baca Juga: Motor Bebek Terbaru dari Honda, Tembus 71,4 Km dengan Seliter Bensin Saja!

Karena itu, kamu sebagai owner juga perlu memperhatikan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor. Berikut tips memilih bahan bakar untuk sepeda motor:

Cek Buku Pedoman

Saat membeli sepeda motor baru, biasakan untuk membaca buku manual yang diberikan. Karena, didalam buku tersebut terdapat banyak informasi mengenai motor yang kamu beli.

Salah satunya adalah informasi mengenai konsumsi bahan bakar jenis apa yang dibutuhkan.

Baca Juga: 2 Motor Yamaha Ini Siap Dirilis Tahun Depan! Apa Saja Motor Tersebut?

Cari Tahu Terlebih Dahulu Rasio Kompresi

Sedangkan saat kamu membeli motor bekas dan tidak ada buku manualnya, ketahuilah rasio kompresi mesin pada motor tersebut. Karena rasio mesin yang digunakan pada motor menjadi pedoman untuk menggunakan bahan bakar dengan jenis apa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini