Penyebab Pasti Motor Injeksi 'Ngadat-Ngadat' Saat Digas

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 01:37 WIB
Illustrasi Motor (Sumber: Pinterest)

Illustrasi Motor (Sumber: Pinterest)

LABVIRAL.COM- Saat motor injeksi milikmu sering brebet saat di gas, bisa jadi ini penyebabnya.

Sepeda motor dengan sistem pembakaran fuel injection, menggunakan Fuel Pump sebagai komponen untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor.

Tetapi, saat fuel pump ini kotor atau memiliki masalah biasanya akan membuat motor yang tadinya normal menjadi brebet atau tersendat saat di gas.

Baca Juga: Tahu Gak, Parkir Motor Standar 2 Itu Punya Manfaat Lain Loh!

Hal ini dikarenakan bahan bakar tidak lancar saat dipompa menuju ke injector. Penyebabnya antara lain adalah filter bahan bakar pada fuel pump mengalami penyumbatan yang berasal dari kotoran. Sehingga menghambat fuel pump untuk bekerja menyedot dan menyemburkan bahan bakarnya.

Untuk mendeteksi apakah fuel pump benar mengalami penyumbatan atau tidak, dibutuhkan alat yang bernama gauge meter.

Baca Juga: Merawat Motor Vespa Lawas, Panduan Lengkapnya Disini

Gauge meter ini akan mendeteksi berapa tekanan yang dihasilkan fuel pump menuju injector. Tekanan normal fuel pump berkisar di angka 250 Kpa ke atas. Jika jauh dibawah itu, sudah dipastikan fuel pump mengalami penyumbatan.

Untuk memeriksanya, perlu dilakukan pembongkaran fuel pump dari tangki bahan bakar dan melakukan pemeriksaan. Jika terlihat filter pada fuel pump kotor, kamu hanya perlu membersihkannya kembali hingga bersih seperti semula. Warna dari filter fuel pump ini biasanya putih seperti kapas.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini