Merawat Motor Vespa Lawas, Panduan Lengkapnya Disini

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 27 Maret 2023, 17:29 WIB
Melalui Piaggio, kejayaan Vespa dimulai saat Rinaldo Piaggio (20) mengambil alih bisnis ayahnya menjadi perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente, Genova, Italia pada 1884

Melalui Piaggio, kejayaan Vespa dimulai saat Rinaldo Piaggio (20) mengambil alih bisnis ayahnya menjadi perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente, Genova, Italia pada 1884

LABVIRAL.COM, Vespa merupakan skuter yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Melalui Piaggio, kejayaan Vespa dimulai saat Rinaldo Piaggio (20) mengambil alih bisnis ayahnya menjadi perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente, Genova, Italia pada 1884. Piaggio berharap, perusahaannya Piaggio & Co bisa membuat kendaraan udara, darat, dan bisa dipakai di setiap negara.

Beragam jenis Vespa kini telah hadir. Meskipun demikian, jenis motor vespa lawas pun tak kalah menarik dan banyak diminati. Karena banyak yang menjadikan motor Vespa lawas jadi barang antik yang memiliki harga tinggi.

Nah, untuk kamu yang memiliki motor Vespa lawas, berikut ini labviral.com punya tips merawat motor Vespa lawas agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Vespa Matic Murah dan Spesifikasinya

Bahan bakar

Untuk motor Vespa lawas, sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar yang mengandung oktan tinggi. Karena bahan bakar dengan oktan tinggi dapat membuat sistem pembakaran mesin lebih sempurna, ringan dan jauh lebih efisien. Sehingga, tidak akan memberatkan mesin. Selain itu, bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi juga tidak membuat tangki cepat berkarat.

Karena bila tangki berkarat, lama kelamaan bisa membuat saluran pada bagian sistem pembakaran tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Baca Juga: Vespa LX 125 Meluncur dengan Tampilan Baru yang lebih Modern!

Rutin ganti oli

Untuk menjaga mesin motor Vespa tua agar tetap berfungsi dengan maksimal, pastikan kamu rutin mengganti oli mesin setidaknya sebulan sekali. Walaupun motor vespa kamu jarang digunakan, kamu harus tetap rutin mengganti oli. Hal tersebut harus dilakukan karena oli akan menjadi pelumas pada mesin tua. Untuk itu, pastikan oli selalu diganti dengan baik.

Selain itu, gunakan oli yang memiliki kualitas baik. Penggunaan oli berkualitas ini untuk mengurangi endapan bahan aditif dari oli, agar tidak meninggalkan kerak. Sebaiknya, gunakan oli samping ternama meskipun harganya sedikit lebih mahal asalkan berkualitas dan tidak merusak mesin motor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini