Pakai Ban Depan dan Ban Belakang Motor Ukuran Sama, Bahaya Gak Ya?

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 04:57 WIB
Pembalap Motor (Sumber : Pixabay)

Pembalap Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Pada umumnya, penggunaan ban motor untuk bagian depan dan belakang adalah menggunakan ukuran yang berbeda.

Hal tersebut sudah diperhitungkan oleh pabrikan sepeda motor dan pasti sudah melalui tahapan pengujian terlebih dahulu. Namun, bagaimana jika ban tersebut diganti dengan ukuran yang sama?

Sebenarnya, menggunakan ban dengan ukuran yang sama untuk bagian depan dan belakang tidaklah berbahaya. Hanya saja, pengendara akan merasakan sedikit perbedaan dari sisi pengendalian motor.

Baca Juga: Ternyata Ini Jalan Tol Satu-satunya di Indonesia yang bisa Dilalui Motor

Hal tersebut terjadi karena ukuran ban depan dan belakangnya sama, jadi beban yang diberikan pada ban depan menjadi sedikit lebih besar jika dengan ban yang dibedakan ukurannya.

Penggunaan ban depan dan belakang dengan ukuran yang sama, hanya bisa diterapkan pada sepeda motor jenis matic dan bebek saja. Karena kedua jenis motor ini biasanya menggunakan velg dengan ukuran yang tidak jauh berbeda antara velg depan dan belakangnya.

Baca Juga: Cara Tambal Sendiri Ban Motor Tubeless

Namun, hal ini tidak berarti pada sepeda motor jenis sport. Karena, motor sport biasanya menggunakan velg dengan ukuran yang jauh berbeda. Ukuran velg belakang pada motor sport pasti memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari velg depannya. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menggunakan ban dengan ukuran yang sama.

Ketika menggunakan kedua ban dengan ukuran yang sama, tetapi tekanan angin yang digunakan harus berbeda. Karena, beban yang diterima, dan peran dari kedua ban tersebut berbeda.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini