3 Cara Mudah dan Cepat untuk Menghapus File Sampah di Laptop

Annisa Fadhilah
Selasa 28 Maret 2023, 08:01 WIB
Ilustrasi (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi (Sumber : Freepik.com)

Sudah tahu cara menghapus file sampah? Kalau belum silahkan simak artikel ini sampai habis, sebab file sampah di laptop artinya adalah file yang sudah tidak berfungsi lagi. File sampah juga tidak berguna lagi, sehingga lebih baik dibersihkan. Jika tidak dihapus, file sampah di laptop hanya akan menjadikan kinerja perangkat menurun dan semakin lemot.  

Jenis-jenis file sampah di laptop beragam dari memori history penjelajahan mesin pencari, file temporary yang tidak digunakan lagi, hingga bugs-bugs data operasional aplikasi. File sampah ini jika tidak dihapus secara rutin hanya akan memenuhi kapasitas memori. Jika kapasitas memori penuh, file sampah hanya menurunkan kinerja laptop dan jadi mudah lemot.

Menghapus file sampah diperlukan cara dan langkah yang tepat agar file sampah benar-benar terhapus dan tidak menimbulkan masalah lain dalam laptop.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan RAM Penuh Agar Performa Laptop Optimal Dengan Mudah

Selengkapnya cara menghapus file sampah di laptop agar tidak lemot, ada di bawah ini.

Menghapus file sampah di laptop dengan aplikasi

Menghapus file sampah dengan aplikasi CCleaner (CCleaner)

 

Beberapa pengembang perangkat lunak di Windows maupun Macintosh menyediakan aplikasi penghapus file sampah otomatis sekali klik. Aplikasi ini cukup praktis dan memudahkan penghapusan file sampah karena hanya sekali klik pada menu maka file sampah akan dihapus oleh aplikasi ini.

Salah satu aplikasi penghapus file sampah otomatis yang terkenal andal dan praktis adalah CCleaner. Aplikasi ini mudah di download dan praktis penggunaannya. Aplikasi ini juga tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu banyak memakan ruang memori laptop. Cara menghapus file sampahnya jika sudah menginstal aplikasi ini cukup sekali klik pada menu clear, maka semua file sampah akan terhapus otomatis dan dijamin tidak menimbulkan masalah baru.

Menghapus file sampah di laptop dengan Disk Cleanup

Cara menghapus file sampah dengan Disk Cleanup ( Tangkap layar)

Cara selanjutnya menghapus file sampah adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan di Windows yaitu Disk Cleanup. Cara ini tidak perlu menggunakan aplikasi baru. Berikut cara-caranya untuk menghapus file sampah di laptop.

  • Cari menu file explore yang berada di pojok kiri bawah tampilan layar.
  • Pilih local disk yang ingin dibersihkan secara menyeluruh. Apabila local disk C, maka bisa klik kanan.
  • Setelah itu, pilih properties yang berada di bagian paling bawah.
  •  Lalu cari menu Disk Cleanup dan klik.
  • Klik semua file to delete, lalu klik ok.
  • Tunggu sampai proses pembersihan selesai.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini