Tips Handling Stang Motor yang Benar

Yowan R
Selasa 28 Maret 2023, 11:09 WIB
Ilustrasi handling stang motor yang benar (Sumber : youtube.com/Pratama Dana)

Ilustrasi handling stang motor yang benar (Sumber : youtube.com/Pratama Dana)

LABVIRAL.COM - Masih banyak pengendara motor yang belum mengerti tentang pengetahuan berkendara yang baik dan benar. Bahkan, dari cara handling stang motor juga masih banyak yang belum benar.

Contohnya, memegang stang motor dengan posisi tangan yang terbalik. Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya karena berisiko timbul kecelakaan karena tidak mampu mengantisipasi motor.

Padahal memegang stang atau handling stang ini menjadi salah satu faktor utama saat mengendarai sepeda motor untuk menjaga keseimbangan dengan baik. Memegang stang motor dengan tepat tentu akan memudahkan pengendara melakukan manuver.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Mengendarai Motor Saat Hujan!

Posisi memegang stang atau kemudi motor yang benar adalah meletakkan ibu jari pengendara di bagian bawah handgrip dan telapak tangan menghadap ke bawah.

Dengan posisi tangan yang benar, maka pegangan dari si pengendara motor ke stang akan lebih kuat jika pengendara melewati jalan rusak atau berlubang.

Jika memegang tuas gas dengan posisi terbalik, telapak tangan menghadap ke atas dan ibu jari berada di atas handle, dikhawatirkan saat ada lubang atau jalanan rusak pegangan kemudi akan terlepas ataupun secara spontan menarik tuas gas lebih dalam.

Sedangkan, saat pengendara melewati jalan yang licin dengan posisi tangan yang terbalik saat memegang stang motor, sudah pasti tangannya tidak akan kuat mengontrol stang saat bermanuver karena licin.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Supaya Nggak Selip Saat Berkendara di Jalan yang Licin

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini