Lampu Senja Gak Mau Nyala Saat Ganti LED, Solusinya Gampang

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 00:31 WIB
Seiring berkembangnya waktu, kini lampu LED lebih banyak digunakan dibandingkan dengan lampu bohlam

Seiring berkembangnya waktu, kini lampu LED lebih banyak digunakan dibandingkan dengan lampu bohlam

LABVIRAL.COM, Mungkin masih banyak pengendara yang asing dengan lampu senja. Yups, lampu senja pada motor merupakan salah satu komponen penerangan pada kendaraan yang sangat penting, loh. Lampu senja juga memiliki istilah lainya yakni lampu kota yang membantu para pengendara motor ketika cuaca sedang tidak cerah.

Lampu senja ini dihidupkan pada saat cuaca mendung dan juga malam hari. Memiliki ukuran yang sangat kecil, lampu senja ini hanya berukuran 5 watt saja. Namun, apakah kamu pernah mengalami lampu senja yang tidak kunjung hidup?

Baca Juga: 7 Masalah Pembuat Lampu Senja Motor Sering Mati

Mengapa lampu senja enggan menyala?

Jika kamu salah satu orang yang pernah mengalami masalah tersebut, maka penyebabnya ialah karena kamu menggantikannya dengan lampu LED. Seiring berkembangnya waktu, kini lampu LED lebih banyak digunakan dibandingkan dengan lampu bohlam. Tentu saja, hal ini dikarenakan lampu jauhnya menjadi lebih terang, harga yang murah, hingga sangat irit listrik.

Tapi, meskipun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lampu bohlam, penggantian lampu ini justru malah menjadi masalah utama kenapa lampu senjamu tidak kunjung menyala.

Baca Juga: 7 Masalah Pembuat Lampu Senja Motor Sering Mati

Padahal, masalahnya sebenarnya hanya sepele, yaitu karena posisi dari lampu LED tidak tepat. Kemudian kebanyakan orang akhirnya kembali lagi menggunakan lampu bohlam bawaan pabrik.

Masalah sebenarnya tidak terjadi karena kerusakan pada lampu LED. Namun karena posisi lampu yang terpasang di soket tidak memiliki posisi kutub yang tepat. Ketika dipasang, lampu LED cenderung memiliki posisi kutub yang berlawanan.

Baca Juga: Kenapa Lampu Sein Mobil Mati, Cari Tahu Penyebabnya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini