7 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kuota Internet Boros, Sudah Tahu Belum?

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 13:26 WIB
Aplikasi android (Sumber : Instagram/freestocks)

Aplikasi android (Sumber : Instagram/freestocks)

LABVIRAL.COM - Aplikasi untuk mendukung ponsel pintar atau smartphone dewasa ini semakin banyak. Aplikasi yang beragam itu menawarkan berbagai fitur menarik dan khas. Namun, ada beberapa aplikasi yang bikin boros kuota internet.

Tanpa disadari penggunaan aplikasi sehari-hari memakan banyak kuota internet. Aplikasi di ponsel kamu menghabiskan kuota internet rata-rata 60-300 megabyte (MB) per jamnya.

Apakah kamu sudah tahu aplikasi apa saja yang bikin boros kuota internet? Yuk simak deretan aplikasi yang bikin pengeluaran kuota internet membengkak berikut ini:

TikTok

Aplikasi TikTok (businessinsider.com)

Baca Juga: TikTok atau YouTube, Manakah yang Lebih Boros Menyedot Kuota Internet?

Aplikasi pertama yang boros kuota internet adalah TikTok. Aplikasi media sosial yang berbasis konten video ini dalam hitungan jam rata-rata menghabiskan data sebanyak 840 MB.

Aplikasi yang berasal dari Tiongkok ini juga menjadi aplikasi dengan paling banyak dipakai. Pada tahun 2022 Kuartal II, para pengguna TikTok bisa menghabiskan waktu 1,5 jam per hari. Jumlah tersebut merupakan durasi penggunaan terlama dibanding aplikasi media sosial lainnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android dan iPhone

Instagram

Tampilan aplikasi Instagram di gawai atau smartphone. (Pixabay.com/Webster2703)

Aplikasi yang membuat kuota boros kedua adalah Instagram. Aplikasi yang kini diakuisisi oleh Meta Grup atau dahulunya adalah perusahaan Facebook ini rata-rata per jam menghabiskan 720 MB kuota internet.

Selain TikTok, aplikasi Instagram ini juga menjadi aplikasi paling banyak penggunanya. Saat ini Instagram memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Jumlah ini hampir menyamai induk perusahaannya, yakni Facebook.

Tidal Music

Tidal Music menjadi salah satu aplikasi layanan streaming musik. (tidal.com/press)
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini