Shockbreaker Depan Motor Bocor? Nih Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 16:13 WIB
Shockbreaker Ohlins dengan panjang 305mm (Sumber : Olx.co.id)

Shockbreaker Ohlins dengan panjang 305mm (Sumber : Olx.co.id)

LABVIRAL.COM- Shockbreaker depan motor yang bocor biasanya memiliki beberapa faktor permasalahan seperti umur sudah terlalu lama dan kemudian lama tidak dikuras olinya,

Shockbreaker ini usia penggunaannya hampir sama dengan kekuatan manusia. Semakin tua usia seorang manusia semakin lemah juga kekuatannya.

Nah, pada shockbreaker sepeda motor juga seperti itu, semakin tua usia pemakaiannya maka kekuatan dan daya pegas dari shockbreaker juga akan semakin menurun.

Baca Juga: Ketahuilah 4 Hal Ini Saat Mencuci Motor, Karena Wajib Dihindari!

Shockbreaker depan sepeda motor yang usia pakainya sudah lama juga bisa terjadi kebocoran. Penyebab terjadinya kebocoran pada shockbreaker depan sepeda motor juga bisa terjadi karena terdapat pasir atau debu-debu yang masuk kedalam bagian seal shockbreakernya.

Penyebab lainnya adalah dari as shockbreakernya sudah luka, sehingga oli yang seharusnya berada di dalam tabung dan terhalang seal shockbreaker ikut keluar melalui goresan yang terdapat di as shockbreaker.

Nah, untuk ciri-ciri shockbreaker depan motor yang bocor bisa dilihat dari fisiknya, terutama dari bagian seal karet, dan as shockbreaker.

Baca Juga: Begini Cara Pengereman Saat Mengendarai Motor yang Baik dan Benar

Normalnya, shockbreaker yang normal, seal karetnya akan tampak mulus dan kering. Sedangkan shockbreaker yang bocor, seal karetnya akan terlihat getas atau sobek dan batang as shockbreaker menjadi basah karena olinya yang keluar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini