Ini yang Terjadi jika Kabel Speedometer Motor Injeksi dibiarkan Putus

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 16:13 WIB
Ilustrasi kode error 12 di panel speedometer (Sumber : youtube.com/Asp080)

Ilustrasi kode error 12 di panel speedometer (Sumber : youtube.com/Asp080)

LABVIRAL.COM- Kabel speedometer pada motor injeksi maupun motor konvensional sebenarnya memiliki fungsi yang sama.

Fungsi kabel speedo meter adalah untuk membaca kecepatan berkendara dan mencatat berapa jarak yang sudah ditempuh selama motor dikendarai.

Baca Juga: Tips Menghitamkan Kembali Bodi Kasar Sepeda Motor

Kabel speedometer juga memiliki usia pakai, jadi tidak heran jika komponen tersebut bisa putus sewaktu-waktu. Putusnya kabel speedometer mungkin biasa dianggap sebagai masalah yang sepele.

Sayangnya hal ini tidak bisa dianggap sepele pada sepeda motor yang menggunakan sistem fuel injection. Karena, kabel speedometer yang dibiarkan putus bisa mengakibatkan motor mati mendadak alias mogok.

Mungkin masalah yang timbul akibat speedometer dibiarkan putus tersebut tidak berlaku untuk semua motor, namun banyak kasus motor mogok yang terjadi akibat kabel speedometernya putus.

Baca Juga: Tips Mengendarai Sepeda Motor Siang Hari Tanpa Gerah

Biasanya, masalah tersebut terjadi pada sepeda motor injeksi keluaran Yamaha pada produk lama, MIO J misalnya.  Pada saat kabel speedometer putus di motor tersebut, biasanya akan muncul indikator error check engine dari area speedometer. Indikator inilah yang bisa memaksa ECU untuk mematikan motor saat motor digunakan dan menjadi mogok.

Untuk mengatasinya agar motor bisa dihidupkan lagi, biasanya kamu cukup untuk meng-off kan kunci kontak, kemudian meng-on kan lagi, kemudian motor bisa dinyalakan dan digunakan kembali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini