Cara Oversize Piston Motor agar Minim Getaran dan Risiko Macet

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 16:44 WIB
Piston Motor (Sumber : Pinterest)

Piston Motor (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Oversize piston atau lebih jelasnya adalah memperbesar ukuran piston dari ukuran standarnya pada mesin motor.

Oversize piston ini tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan atau asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak terjadi masalah saat motor digunakan setelah melakukan oversize.

Hal yang paling utama dari oversize adalah melakukan pembesaran diameter lubang silinder yang hanya boleh dilakukan oleh bengkel bubut yang betul-betul ahli.

Baca Juga: Kenal Polisi Artis Aipda MP Ambarita? Nih Motor-Motor Andalan Saat Berpatroli

agar liner yang diameternya yang diperbesar presisi atau tidak miring.

Jika saat melakukan pembesaran diameternya tidak rata antara liner atas dan liner bawah bahkan tidak memiliki sudut kemiringan, hal ini bisa menjadikan permasalahan saat motor digunakan nantinya.

Karena, saat piston memuai akibat panas ketika bekerja, celah yang sempit pada liner bisa bikin piston sulit bergerak. Akibatnya yang akan terjadi adalah mesin bisa ngelitik, getar ataupun macet karena hal tersebut.

Baca Juga: Sudah Ketahuan, 14 Penyebab Utama Motormu Boros Bensin

Saat melakukan oversize, idealnya dibuatkan celah yang berada sekitar 0,03-0,05 mm. Setelah liner berhasil di bubut, cobalah liner dengan memasukan piston baru yang nantinya akan digunakan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini