Alasan Kamu Dilarang Pakai Sandal Jepit Saat Naik Motor

Andi Syafriadi
Kamis 30 Maret 2023, 15:22 WIB
Illustrasi Berkendara Motor

Illustrasi Berkendara Motor

LABVIRAL.COM- Penggunaan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor mungkin memang cukup praktis. Namun, memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

Sebaiknya pengendara motor mengenakan sepatu saat berkendara. Karena sepatu mampu menutupi kaki dengan sempurna, berbeda dengan sandal yang hanya melapisi sebagai kaki saja.

Dikutip dari Wahana Honda, saat pengendara motor mengenakan sandal sebagai alas kakinya, mereka harus berhadapan dengan risiko-risiko yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Keuntungan Konversi Motor Bensin ke Listrik

1. Risiko Luka Bakar

Saat kaki tidak terlindungi sepatu, kamu akan memiliki risiko terkena luka bakar akibat tidak sengaja menyenggol knalpot maupun blok mesin yang bersuhu tinggi karena motor sudah digunakan untuk perjalanan.

2. Risiko Tergores

Mengenakan sandal saat mengendarai sepeda motor rupanya menimbulkan risiko kaki terkena luka gores. Hal ini diakibatkan karena terkena loncatan batu kerikil dari jalanan ataupun benda tajam yang tersebar di jalan.

Baca Juga: Servis Motor Sendiri di Rumah Gampang Kok, Begini Caranya!

3. Resiko Cedera

Selain resiko terjadinya luka bakar dan luka akibat goresan. Pengendara yang mengenakan sandal saat berkendara motor juga bisa mengakibatkan cedera lainnya.

Cedera ini bisa muncul akibat tersenggol kendaraan lain yang berada di sekitar saat perjalanan. Risiko cedera juga bisa lebih besar saat mengenakan sandal apabila pengendara terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini