Rajin-rajinlah Lumasi Rantai Motor Saat Musim Hujan

Andi Syafriadi
Jumat 31 Maret 2023, 09:36 WIB
Ilustrasi rantai motor  (Sumber : Shutterstock)

Ilustrasi rantai motor (Sumber : Shutterstock)

LABVIRAL.COM- Sepeda motor dengan sistem penggerak rantai harus rajin diberi pelumas apalagi saat musim hujan. Jika tidak diberikan pelumas dengan rajin, bisa-bisa kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Karena posisinya terbuka, rantai sepeda motor sangat rawan terkena air dan kotoran saat musim hujan. Jika terkena air terus-menerus, rantai akan cepat kering, sedangkan rantai tidak boleh terlalu kering.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Mengendari Motor Off-Road yang Benar

Karena, rantai yang terlalu lama kering tanpa pelumas bisa menjadi kaku. Apabila rantai yang kaku di biarkan begitu saja lama-kelamaan rantai akan kehilangan sifat elastisnya atau yg lebih dikenal dengan rantai mati.

Rantai mati ini sudah tidak bisa digunakan lagi, karena sudah tidak memiliki sifat elastis dan rantai menjadi bengkok-bengkok. Jika dipaksa digunakan, bisa-bisa rantai putus ditengah jalan.

Baca Juga: Coretan pada Bodi Motor Baru, Apa Gunanya?

Bayangkan jika itu terjadi saat kamu dalam perjalanan dan tidak membawa uang yang cukup. Pastinya kamu akan sangat kerepotan bukan. Karena, harga rantai sendiri juga tidak tergolong murah.

Hal itu bisa terjadi karena kamu sebagai pemilik sepeda motor malas memberikan pelumas pada rantainya. Meskipun terkesan sepele memberikan pelumas pada rantai itu sangatlah bermanfaat. Selain menjaga elastisitas rantai memberikan pelumas rantai juga menjaga rantai agar tetap awet.

Baca Juga: Experia Green Tourer, Motor Listrik yang Diciptakan khusus Touring

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ini Cara Mengecek Pajak Motor melalui SMS

Jumat 31 Maret 2023, 00:44 WIB
Ini Cara Mengecek Pajak Motor melalui SMS
Berita Terkini