Sebelum Mudik Jangan Lupa Ganti Oli Gardan Motor Matic, Agar Aman Terkendali

Yowan R
Jumat 31 Maret 2023, 11:19 WIB
Ilustrasi ganti oli gardan motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi ganti oli gardan motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor matic, pastikan terlebih dahulu memeriksa kondisi oli, bahkan akan lebih baik jika diganti dengan oli yang baru.

Selain oli mesin, pada motor matic juga terdapat oli yang berfungsi untuk melumasi gearbox CVT yang biasanya disebut dengan oli gardan. Sebelum melakukan perjalanan jauh, sangat disarankan untuk mengganti oli gardan agar komponen didalamnya bisa terlindungi secara ekstra.

Baca Juga: 5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Karena, umumnya pemilik motor matic ini lupa kapan terakhir kali mengganti oli gardan motor mereka. Pasalnya penggantian oli gardan memiliki jangka waktu yang lebih lama daripada oli mesin.

Nah jika oli gardan ternyata sudah lama tidak diganti dan kondisi oli gardan yang sudah buruk, malahan bisa merusak gearbox CVT motor matic.

Saat oli gardan jarang diganti, pasti akan muncul suara berisik di bagian gearboxnya. Karena komponen tersebut bisa aus akibat pelumasan yang tidak baik sehingga terjadi gesekan yang menghasilkan suara.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Ganti Oli Gardan Motor Matic, Jangan Asal Pilih Oli!

Selain bisa menimbulkan suara berisik, gearbox yang sudah tidak terlumasi dengan baik malah bisa membuat gear di dalamnya rompal. Selain gear yang rompal, bearing yang berfungsing sebagai bantalan putaran juga bisa aus dan rontok.

Karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan oli gardan motor matic sebelum digunakan untuk perjalanan jauh. Bahkan, akan lebih baik jika oli gardannya diganti dengan yang baru.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini