Sebelum Beli Motor Matic, Pastikan Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tidak Kecewa

Yowan R
Sabtu 01 April 2023, 14:43 WIB
Ilustrasi  perawatan komponen CVT motor matic (Sumber : wahanahonda.com)

Ilustrasi perawatan komponen CVT motor matic (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor matic di Indonesia saat ini sudah mendominasi di pasar penjualan sepeda motor. Bahkan, tingkat penjualannya sudah melebihi motor bebek dan motor sport.

Para konsumen lebih memilih motor matic karena penggunaannya yang jauh lebih praktis dibandingkan dengan motor jenis lainnya. Harga jual yang ditawarkan pabrikan untuk satu unit motor matic ini juga tergolong murah.

Baca Juga: Mau Beli Motor Bekas? Nih Rumusnya

Namun, dari berbagai kelebihan dari motor matic ini sudah pasti memiliki kelemahannya sendiri. Berikut ini kelemahan motor matic yang harus kamu tahu, sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Rawan terjadi rem blong

Pada motor matic, sering kali dijumpai kasus terjadinya rem blong. Apalagi jika motornya digunakan pada jalur pegunungan yang memiliki trek naik dan turun yang ekstrim.

Terjadinya kasus rem blong pada motor matic ini terjadi karena rem terlalu sering digunakan sehingga terjadi panas berlebih yang mengakibatkan rem blong.

Karena pada motor matic, pengeremannya tidak bisa dibantu dengan engine brake. Karena sudah mengadaptasi transmisi automatic.

2. Ban cepat aus

Sepeda motor matic, umumnya menggunakan velg yang berdiameter kecil. Biasanya menggunakan velg ring 14, 12, dan 13. Velg berukuran kecil ini tentu akan berpengaruh pada putaran roda, karena putarannya akan semakin banyak.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Ban Motor Terbaik untuk Harian Maret 2023

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini