Tekanan Angin Ideal untuk Ban Sepeda Motor Harian

Yowan R
Sabtu 01 April 2023, 15:09 WIB
Ilustrasi tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan pabrik (Sumber : instagram.com/monesealant)

Ilustrasi tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan pabrik (Sumber : instagram.com/monesealant)

LABVIRAL.COM - Tekanan angin pada ban sepeda motor harian haruslah ideal, tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Tekanan angin yang terlalu tinggi tentu akan menjadikan motor tidak nyaman digunakan karena ban menjadi terlalu keras. Ban dengan tekanan yang terlalu rendah juga membuat ban menjadi kurang keras dan sulit digunakan untuk bermanuver.

Baca Juga: Aturan Tekanan Angin Ban, Gak Asal Kencang Ya!

Ban motor dengan tekanan angin yang terlalu tinggi juga akan mengubah tapak ban yang bersentuhan ke aspal, karena ban lebih mengembangn sehingga pemukaan ban yang menyentuh aspal menjadi berkurang.

Akibatnya, tingkat safety menjadi berkurang dan ban motor menjadi rawan kehilangan traksi atau licin. Jika digunakan pada saat hujan, motor akan rawan tergelincir.

Untuk mengetahui tekanan angin ideal untuk ban motor kalian sendiri biasanya pabrikan sudah menyiapkan panduannya. Umumnya tekanan angin ban ideal sudah tertulis di stiker dan ditempel pada bagian motor yang gampang dilihat bagi para pengendaranya.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ternyata Segini Tekanan Angin yang Tepat Pada Ban Motor Supaya Aman

Karena itu, sebaiknya sebagai pengendara motor kamu harus lebih sering memeriksa tekanan angin pada ban motor agar berkendara tetap nyaman dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Untuk tekanan angin pada ban depan dan ban belakang sepeda motor juga harus dibedakan. Karena umumnya ban motor pasti memiliki ukuran yang berbeda antara ban depan dan belakang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini