Supra X 125 Ngeden di Tanjakan? Cukup Ganti Ukuran Gear untuk Menanganinya

Yowan R
Selasa 04 April 2023, 12:58 WIB
Ilustrasi Supra X 125 (Sumber : instagram/iwn_663)

Ilustrasi Supra X 125 (Sumber : instagram/iwn_663)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor yang masih menggunakan penerus daya model rantai, ukuran gear yang digunakan di jalan rata atau menanjak sudah pasti berbeda. Biasanya, ukuran gear yang biasa digunakan untuk jalan rata tidak akan kuat untuk menanjak.

Baca Juga: Ganti Gear Set Motor Sesuai Kebutuhan, Pastikan tidak Terlalu Besar atau Terlalu Kecil

Apalagi jika pemilik motor berlokasi di daerah dataran tinggi, jika motornya menggunakan gear berukuran kecil sudah dipastikan tidak akan kuat saat menempuh tanjakan.

Agar sepeda motormu kuat melewati jalan menanjak, kamu haru tahu rasio gear reduksi antara gear depan dan gear belakang.  Supaya motor kuat untuk menanjak, hasil perbandingan gear rasio harus bernilai besar agar akselerasi yang dihasilkan semakin ringan.

Contohnya pada sepeda motor keluaran Honda, Supra X 125 yang menggunakan gear belakang berukuran 35 dan gear depan berukuran 14. Penggunaan gear tersebut meghasilkan perbandingan rasio sebesar 2,5.

Baca Juga: Mau Ganti Knalpot Racing? Jangan Asal Pilih, Nih Tipsnya

Biasanya supra X 125 itu lemah di jalanan menanjak. sehingga banyak pengendaranya yang mengubah ukuran final gear yang lebih besar dari standarnya. Jika ingin Supra X 125 lebih bertenaga di jalanan menanjak namun tetap memiliki speed yang lumayan. Kamu bisa mengubah gear setnya menggunakan gear set Honda Revo yang memiliki ukuran 36 pada gear belakang dan 14 untuk gear depan.

Penggantian gear Honda Revo ini bisa langsung PNP karena lubang bautnya sama persis dengan milik Supra X 125.

 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini