Tips Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Berkendara Motor

Yowan R
Selasa 04 April 2023, 13:06 WIB
Ilustrasi pengendara motor yang mengantuk (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi pengendara motor yang mengantuk (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Saat mengendarai motor, rasa kantuk memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Rasa kantuk bias terjadi karena tubuh yang mengalami kelelahan maupun dari udara sekitar yang terasa nyaman. Namun tak hanya itu saja, kemacetan juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa kantuk bagi pengendara motor.

Rasa kantuk ini tentu saja wajib untuk diusir dan dihilangkan jika sedang mengendarai motor. Jika tidak segera diusir dan dihilangkan, keselamatan dan keamanan berkendara yang menjadi risikonya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa kantuk ini saat berkendara motor. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Gerakan Tubuh

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa kantuk adalah dengan cara menggerak-gerakan anggota tubuh seperti tangan atau kaki. Kamu bisa melakukan gerakan tersebut saat berkendara tapi dengan catatan, untuk melakukan gerakan yang berlebihan.

Baca Juga: Tips Berkendara yang Aman Saat Menjalani Ibadah Puasa

Gerakan yang berlebihan bukan menjadi obat penghilang kantuk namun, malah menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

2. Bersenandung Ria

Cara yang kedua adalah bersenandung atau bernyanyi-nyanyi untuk membangkitkan konsentrasi saat berkendara dan menghindari rasa kantuk.

Tetapi, jangan sekali-sekali mengendarai sepeda motor dengan menggunakan headset dan sejenisnya. penggunaan headset akan berisiko membuat Anda tidak waspada dengan keadaan di sekitar.

3. Memainkan gas secara perlahan

Memainkan gas motor dengan cara menggeber gas kemudian melepaskannya secara perlahan juga bisa menjadi salah satu obat untuk mencegah timbulnya rasa kantuk.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini